in

Apa itu Aliran Pagar Nusa dalam Pencak Silat? Yuk Kenali Lebih Dalam!

Siapa disini yang cita-citanya jadi ahli bela diri atau ingin memperdalam ilmu bela diri? Sudah kita ketahui bahwa ada banyak kesenian bela diri asal beberapa negara, seperti Taekwondo dari Korea dan karate dari Jepang.

Nah, tentunya negara Indonesia nggak mau kalah dong. Kita punya seni bela diri lokal yang bernama pencak silat. Salah satu aliran pencak silat yang digemari oleh mayoritas orang Islam adalah Pagar Nusa. Hmm, kira-kira apa yang dimaksud dengan Pagar Nusa, ya? Yuk, ikut Gramin belajar bareng soal ilmu pencak silat satu ini dari awal!

 

Pengertian dan Sejarah Pagar Nusa dalam Pencak Silat

Tahukah kamu? Ternyata Pagar Nusa sendiri adalah sebuah bentuk akronim dari “Pagarnya NU dan Bangsa” yang didirikan pada tahun 1986. Mulanya, para petinggi NU cukup prihatin dengan seni bela diri tradisional yang lama-lama tersingkirkan. Padahal, ajaran dalam pencak silat sebenarnya membantu membentuk karakter kita sebagai generasi muda. Maka itu, simsalabim dibentuklah Pagar Nusa!

Tidak hanya mengajarkan soal kekuatan fisik, namun para anggota Pagar Nusa juga diajarkan untuk mendalami ilmu agama islam. Bahkan, mereka dituntun untuk selalu mengamalkan nilai-nilai kebaikan juga, Grameds! Tujuannya cukup mulia: agar para pendekarnya berbudi pekerti luhur dan bertakwa kepada Tuhan dan tangguh di arena.

 

Jurus-jurus dalam Pagar Nusa

Kalau Grameds masih belum terlalu mengenal Pagar Nusa, kamu perlu tahu bahwa ada sejumlah jurus tradision, namun lebih modern lagi. Jurus-jurus ini tidak hanya efektif untuk kita gunakan, namun nilai estetikanya juga ada banget. Yuk, kita lihat apa saja sih  jurus andalan Pagar Nusa yang bikin lawan ketar-ketir!

1. Pukulan Bandul

Coba deh kamu bayangkan bandul yang ayunanya cepat dan kuat. Seperti itulah gambaran pukulan bandul dari Pagar Nusa. Serangan ini biasanya diberikan secara bertubi-tubi, cepat, dan penuh tenaga!

2. Tendangan Kipas

Seperti namanya, tendangan ini sekilas mirip dengan gerakan kipas yang membuka dan menutup, namun super cepat. Untuk melakukan tendangan ini, Grameds perlu memutar tubuh dan mengayunkan kaki sekuat tenaga.

3. Kuncian Naga

Pernah lihat ular naga yang melilit mangsanya sebelum dimakan? Terinspirasi dari gerakan itu, jurus ini mengandalkan teknik kuncian secara cepat. Hati-hati, serangan ini bisa membuat lawan kita tidak berdaya dalam sekejap!

4. Jurus Elang

Bak elang yang menyambar mangsanya, jurus Pagar Nusa yang satu ini difokuskan untuk menyerang sekaligus menghindar secepat mungkin dan dengan lincah.

5. Langkah Siluman

Terakhir adalah jurus langkah siluman. Meskipun namanya sangat unik, langkah siluman ini sukses membingungkan lawan kita, lho! Kamu perlu bergerak dengan cepat dan tepat supaya jurus ini bisa dilakukan dengan mulus.

 

Jenis-jenis Aliran Pagar Nusa, Ada Apa Saja?

(Sumber foto: kompas.com)

Belajar Sains Sulit dan Membosankan? Kamu Bisa Belajar Sains dengan Seru dan Menyenangkan Disini!

Siapa yang bilang kalau pencak silat Pagar Nusa itu cuma satu? Eits, jangan salah! Jenis pencak silat ini ternyata menaungi begitu banyak aliran yang berkembang, lho. Setiap jenis aliran ini punya ciri khas, teknik, dan filosofi yang membedakannya dengan yang lain. Inilah beberapa jenis aliran Pagar Nusa yang Gramin maksud!

1. Gasmi: Silat Cepat Penuh Kejutan

Kalau Grameds tertarik dengan gerakan silat yang cepat dan penuh kejutan, sepertinya kamu cocok dengan aliran Pagar Nusa Gasmi, nih. Aliran ini memfokuskan serangan-serangan sekaligus pertahanan untuk membuat repot lawan tanding kita.

2. Batara Perkasa: Kekuatan dan Keberanian Jadi Andalan

Untuk kamu yang lebih suka tantangan dan punya jiwa-jiwa pemberani, dijamin deh aliran Batara Perkasa ini bisa menjadi wadah penyaluran kekuatanmu! Biasanya, jurus-jurus yang diajarkan cenderung keras dan bertenaga sehingga kamu harus punya kekuatan fisik serta mental yang oke.

3. Satria Perkasa Sejati: Lincah dan Mematikan

Lagi mencari aliran pencak silat yang cocok untuk orang-orang ramping dan gesit? Coba deh lihat-lihat aliran Pagar Nusa Satria Perkasa Sejati. Biasanya anggotanya akan diajarkan teknik-teknik yang lincah namun sangat mematikan.

4. Sapu Jagad: Seni Bela Diri Penuh Strategi

Layaknya bunglon, anggota yang tergabung di aliran Pagar Nusa Sapu Jagad itu bisa merubah-rubah teknik yang digunakannya tergantung situasi. Nah, untuk Grameds yang mengedepankan strategi dan teknik, mungkin kamu cocok bergabung disini!

5. Bintang Sembilan: Silat Indah nan Elegan

Terakhir, nih. Aliran Bintang Sembilan yang ngutamain estetikanya sebuah gerakan. Jurus-jurusnya kurang lebih nampak indah dan elegan, seperti sedang menari dengan memukau. Join aliran ini yuk kalau kamu suka seni beladiri yang ngutamain estetikanya!

 

Rekomendasi Buku tentang Pencak Silat

Bagaimana, sudah makin kenal ‘kan dengan Pagar Nusa sebagai seni beladiri lokal yang banyak digandrungi? Kalau kamu tertarik untuk memperdalam ilmu tentang pencak silat secara umum, Gramin mau kasih tau nih beberapa rekomendasi buku terkait ilmu pencak silat. Apa saja sih judul-judul bukunya? Yuk, cek daftar di bawah ini!

1. Buku Pintar Pencak Silat

Buku Pintar Pencak Silat

Pencak silat memiliki arti dari dua kata yang menyusunnya. Pencak berarti gerak dasar bela diri yang memiliki peraturan. Adapun kata silat memiliki arti gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani. Olahraga pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli produk Kepulauan Nusantara. Olahraga ini juga tersebar dan dikenal luas di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan.

Pencak silat mulai dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 1975. Pada tanggal 13 Desember 2019, Unesco menetapkan pencak silat sebagai salah satu Intangible Cultural World Heritage (Warisan Non-Benda Dunia).

Buku Pintar Pencak Silat ini disajikan dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan disertai gambar sebagai penjelas sehingga mudah diikuti. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengenal dan menguasai ilmu bela diri khusus pencak silat.

 

2. Pencak Silat untuk Generasi Penerus

Pencak Silat untuk Generasi Penerus

Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara (Indonesia). Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara (Indonesia).

Buku panduan ini mengulas teknik-teknik Keluarga Pencak Silat Nusantara (KPSN), salah satu perguruan pencak silat terkemuka di Indonesia, sebagaimana diajarkan oleh almarhum Guru O’ong Maryono. Beliau adalah juara dunia dan SEA Games, pelatih tingkat internasional, penulis buku laris Pencak Silat Merentang Waktu dan pelestari pencak silat tradisional. Materi yang disajikan dalam buku kedua dan terakhir ini mulai dari gerakan dasar dan sikap-sikap pasang sampai jurus-jurus bela diri dan pertandingan, serta teknik-teknik dasar clurit. Teks yang jelas dan ilustrasi yang atraktif memudahkan proses pelajaran pada pemula dan siapapun yang ingin memperluas pengetahuan dan lebih mengenali keunikan pencak silat.

Mempelajari silat memanglah harus selalu di lapangan, namun alangkah baiknya memahami teori silat terlebih dahulu. Dapatkan teori-teori tentang pencak silat dalam buku panduan ini dan jadikanlah pencak silat sebagai budaya yang tidak termakan oleh kemajuan zaman. Yuk dapatkan buku Pencak Silat untuk Generasi Penerus yang original ini di Gramedia.

 

3. Pencak Silat

Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu seni beladiri asli yang berasal dari Indonesia. Teknik-teknik yang digunakan dalam pencak silat sendiri sangatlah beraneka ragam. Di dalam buku Pencak Silat ini, penulis berusaha membahasnya dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Materi yang terdapat di dalam buku ini mencakup sikap dasar, kuda-kuda, pembentukan gerakan, teknik serang, dan teknik belaan dibahas secara runtut dalam buku ini. Buku ini juga membahas mengenai sejarah dan perkembangan pencak silat di indonesia, serta pengetahuan tentang pertandingan pencak silat yang belum banyak diketahui pembaca.

Bagi kamu yang ingin mempelajari beladiri sebagai sarana untuk menjaga diri, kami sarankan untuk mempelajari pencak silat. Di sisi lain selain mendapatkan ilmu bela diri, dengan mempelajari pencak silat juga akan ikut melestarikan salah satu seni serta beladiri asli dari Indonesia. Kami sangat merekomendasikan buku ini sebagai referensi bagi kamu yang mulai tertarik untuk mempelajari beladiri pencak silat ataupun yang saat ini memang sedang berlatih untuk memperdalam teknik kamu.

 

4. Keterampilan Dasar Pencak Silat

Keterampilan Dasar Pencak Silat

Pencak silat adalah hasil budaya manusia Indonesia untuk membela dan mempertahankan eksistensi (kemandirian) dan integritasnya (manunggalnya) terhadap lingkungan hidup atau alam sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga untuk membentuk manusia seutuhnya yang Pancasilais, sehat, kuat, terampil, trengginas, tangkas, tenang, sabar, bersifat ksatria, percaya pada diri sendiri.

Buku Keterampilan Dasar Pencak Silat ini mengupas tentang sejarah Pencak Silat, Pembentukan sikap dasar dalam Pencak Silat, Jurus Tunggal, Peraturan Pertandingan, Ketentuan Bertanding, Panitia Pertandingan dalam kejuaraan Pencak Silat, dan Kategori Tanding.

Materi dalam buku ini dapat membantu mahasiswa yang memprogram mata kuliah Pencak Silat di jurusan Ilmu Keolahragaan (IKOR), jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), dan D3 Olahraga Pariwisata (Popari) di Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja sebagai salah satu pegangan kuliah, pelatih kecabangan Pencak Silat, dan masyarakat umum.

Bahan/materi yang disajikan cukup mudah dan disertai dengan contoh-contoh gerakan dasar sehingga proses pembelajaran di lapangan lebih mudah dan praktis.

Diharapkan dengan terbitnya buku ini, pelatih/guru dapat mempelajarinya dengan lebih mudah dan terstruktur sehingga diharapkan mampu mengimplementasikannya bagi siswa-siswi di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta dapat menyebarluaskan kepada organisasi Perguruan Pencak Silat (IPSI) di Indonesia.

 

Kesimpulan

Aliran pencak satu ini rasanya keren banget untuk dikulik bersama-sama. Nggak hanya berisikan jurus-jurus maut, Grameds juga akan belajar banyak tentang nilai-nilai agama dan semangat persaudaraan. Apakah kamu sudah berencana untuk bergabung dengan salah satu antara banyaknya  aliran Pagar Nusa di atas!

Jangan biarkan semangat dalam belajar ilmu beladiri jadi padam! Yuk, kunjungi Gramedia.com sekarang untuk temukan aneka bacaan tentang pencak silat yang menarik. Banyak-banyak membaca buku ini, kamu akan jauh lebih mengharga seni bela diri ini sebagai warisan budaya khas Indonesia!

Kamu juga tidak perlu menyempatkan diri untuk ke toko Gramedia terdekat dari rumah, cukup dalam beberapa klik dan buku akan sampai di rumahmu dalam waktu yang cepat. Tunggu apalagi? Segera dapatkan buku pencak favoritmu di toko online Gramedia.com!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila