in

Review Buku Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

Rating 4,3/5

Sebuah buku karya Colleen Hoover ini menceritakan sebuah kisah cinta, kesedihan dan pengampunan yang akan menyentuh serta menyayat hati. Buku ini tidak menceritakan kisah sepasang kekasih namun menceritakan mengenai cinta seorang ibu dan anaknya. Secara garis besar buku ini mengisahkan mengenai ibu muda yang berusaha menggapai putrinya yang belum pernah ia temui karena ia harus menjalani hukuman di penjara karena kesalahan tragis. Akankah Kenna berhasil bertemu kembali dengan anaknya yang ia kandung dalam penjara?

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Grameds buku ini ditulis oleh penulis no 1 versi New York Times. Maka dari itu buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu baca terutama kamu merupakan penggemar Colleen Hoover. Namun sebelum kamu membaca buku ini dan membelinya, alangkah lebih baiknya jika kamu membaca artikel di bawah ini yang akan membahas mengenai sinopsis, kelebihan dan juga kekurangan dari buku ini. Selamat membaca

Sinopsis Buku Reminders of Him

Dunia Kenna Rowan jungkir balik setelah sebuah kecelakaan mobil menewaskan pria yang ia cintai, Scotty Landry – pacarnya dan ayah dari bayi perempuannya yang lahir di penjara, atas kejadian itu ia pun harus dipenjara. Kini setelah bebas, Kenna kembali ke kota tempat segalanya bermula, berharap ia dapat menemui putri kecil yang tak pernah sempat dikenalnya. Sayangnya, tak seorang pun memberinya celah untuk menemui, apalagi mengenal putrinya. Karena bagi mereka, ia adalah ancaman. Satu-satunya harapan Kenna adalah Ledger Ward, pemilik bar setempat sekaligus penghubungnya dengan sang putri.

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Satu-satunya orang yang belum menutup pintu untuknya sepenuhnya adalah Ledger Ward, seorang pemilik bar lokal dan salah satu dari sedikit orang yang masih berhubungan dengan putri Kenna. Namun, jika orang-orang tahu Ledger bersedia mengenal Kenna lebih jauh dan bersimpati kepadanya, impian untuk mengenal putrinya akan terancam.

Kenna hanya menginginkan pengampunan. Ia pun tak ingin menyeret Ledger ke dalam masalah karena seiring waktu, pria itu berarti baginya. Dan ia bersedia melakukan apa saja demi putrinya, bahkan jika berarti selamanya ia takkan bisa mengenal anak itu, juga merelakan cinta kedua yang datang ke kehidupannya.

Keduanya menjalin hubungan meski ada tekanan di sekitar mereka, namun seiring tumbuhnya kisah asmara mereka, risikonya pun ikut tumbuh. Kenna harus menemukan cara untuk menebus kesalahan masa lalunya agar dapat membangun masa depan yang penuh harapan dan penyembuhan.

“Orang bilang kita jatuh cinta, tetapi jatuh adalah kata yang sangat menyedihkan jika kita pikirkan. Jatuh tidak pernah menyenangkan. Kita jatuh ke tanah, kita tertinggal, kita jatuh hingga meninggal. Siapapun orang pertama yang mengatakan bahwa mereka jatuh cinta pasti sudah tidak lagi merasakannya. Kalau tidak, mereka pasti menyebutnya dengan nama yang jauh lebih baik.”

Tentang Penulis Buku Reminders of Him

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Colleen Hoover adalah penulis berbakat di balik novel Reminders of Him dan beberapa karya terlaris lainnya. Sebagai penulis yang telah menduduki posisi #1 di New York Times, Hoover dikenal melalui novel-novel seperti It Ends with Us, sebuah kisah fiksi wanita yang mendalam, hingga thriller psikologis Verity yang memikat pembaca dengan plotnya yang penuh ketegangan. Selain itu, ia telah memenangkan Goodreads Choice Award untuk kategori Best Romance selama tiga tahun berturut-turut, melalui karya-karya seperti Confess (2015), It Ends with Us (2016), dan Without Merit (2017). Bahkan, Confess diadaptasi menjadi serial daring yang terdiri dari tujuh episode.

Tidak hanya sukses sebagai penulis, pada tahun 2015, Hoover bersama keluarganya mendirikan Bookworm Box, sebuah toko buku dan layanan langganan bulanan yang menawarkan novel-novel bertanda tangan dari berbagai penulis. Uniknya, seluruh keuntungan yang diperoleh disumbangkan untuk amal, membantu orang-orang yang membutuhkan setiap bulan. Inisiatif ini menegaskan komitmen Hoover tidak hanya dalam dunia sastra, tetapi juga dalam aksi sosial.

Bagi para penggemarnya yang ingin lebih dekat dengan kehidupan dan karya Colleen Hoover, kamu bisa mengikuti perjalanan kreatifnya melalui situs resminya di www.ColleenHoover.com atau melalui Instagram pribadinya @colleenhoover. Hoover saat ini tinggal di Texas bersama suami dan tiga putranya, terus menciptakan karya-karya yang memukau hati pembacanya.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Reminders of Him

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Memiliki topik yang bagus dan menyayat hati
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
  • Sudut pandang yang berganti-ganti membuat emosi pembaca ikut bergejolak
  • Terdapat nilai kehidupan yang bisa diambil
  • Alur yang disusun rapi agar pembaca dapat merasakan naik turun emosi
Cons
  • Ending cerita yang kurang klimaks dan cenderung flat
  • Buku ini juga membahas mengenai kesedihan dan trauma yang merupakan topik sensitif

Kelebihan Buku Reminders of Him

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Buku ini memiliki topik yang sangat bagus dan sangat cocok untuk dinikmati. Mengambil topik mengenai cinta, namun penulis berhasil membuat cinta tidak hanya dipandang dari sebuah pasangan melainkan juga dari seorang ibu dan anak. Buku ini berhasil mengoyak perasaan pembaca dalam 300 halaman dengan topik yang diangkat. Pembaca dapat merasakan pahitnya hidup, cinta terhadap pasangan, cinta seorang ibu dan anak, penyesalan serta bagaimana memaafkan masa lalu.

Belajar Sains Sulit dan Membosankan? Kamu Bisa Belajar Sains dengan Seru dan Menyenangkan Disini!

Penulisan Hoover juga sangat mudah dipahami dan dirasakan oleh pembaca. Hoover menggunakan bahasa-bahasa yang hangat yang mencerminkan kehangatan seorang ibu yang sangat mendambakan kehadiran anaknya. Semua kalimatnya menyentuh hati dan membuat yang membaca bahkan dapat meneteskan air mata. Namun meski buku ini secara keseluruhan menghadirkan rasa sedih serta penyesalan, didalamnya Hoover juga menyisipkan humor dan senyuman yang dituliskan melalui kejenakaan Diem sang anak dan humor Kenna dan Ledger.

Selain itu buku ini menggunakan sudut pandang dari berbagai tokoh yang sangat membuat pembaca berganti emosi. Hoover menyusun bab-bab yang bergantian dari sudut pandang Kenna dan Ledger. Setiap pergantian sudut pandang akan membuat emosi kamu bergejolak. Pergantian sudut pandang ini juga dibuat Hoover agar pembacanya tidak merasakan bosan ketika membaca. Selain emosi yang berganti-ganti setiap sudut pandang juga akan selalu membuat penasaran dengan apa yang terjadi dan apa yang dirasakan tokoh lain.

Buku ini juga menyiratkan banyak pesan untuk kita dimana setiap ada kejadian buruk tentu akan ada penyesalan di dalamnya. Setiap dendam yang kita bentuk akan luluh juga dengan kelembutan, kesungguhan hati dan cinta yang berlimpah. Buku ini akan mengajak kamu untuk melihat kesempatan kedua dan pengampunan karena cinta yang berhasil menembus.

Untuk alur ceritanya sendiri, tulisan Hoover sudah tidak perlu diragukan. Masalahnya Hoover berhasil menaruh alur cerita yang sangat rapi dan tidak ketebak oleh pembaca. Pada halaman 100 pertama pembaca diajak untuk merasakan semua gejolak emosi mulai dari bahagia, marah, sedih dan lainnya. Namun 100 halaman berikutnya pembaca diajak unruk tenang dan menikmati cerita yang biasa saja, sedikit menenangkan hati setelah membaca 100 halaman sebelumnya dan 100 halaman terakhir berhasil menjadi klimaksnya, Hoover berhasil menaruh bawang di bagian akhir yang banyak membuat pembaca kearah perasaan klimaks lagi.

Kekurangan Buku Reminders of Him

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Meski buku ini merupakan buku yang memiliki banyak topik untuk dinikmati namun buku ini memiliki kekurangan yang bisa kamu temukan. Pada ending buku ini memang terkesan flat dan terasa terburu-buru. Di ending terasa sangat kurang memuaskan karena penyelesaian emosi 5 tahun belakang hanya terjadi dalam satu malam, terasa cepat dan flat. Tidak ada konfrontasi lebih lanjut dan puncak amarah di bagian akhir. Namun sebenarnya memang lebih baik jika endingnya seperti saat ini meski memang kurang menegangkan dan menjawab semuanya.

Grameds perlu diingat juga bahwa buku Reminders of Him ini juga membahas banyak mengenai kesedihan dan trauma, topiknya cukup sensitif terutama pada kamu yang memiliki trauma tersebut maka buku ini bisa kamu baca dengan bijaksana dengan tetap berpikir positif dan tidak terlarut dalam trauma dan kesedihan yang pernah kamu alami.

Penutup

 

Yang Tertinggal Darinya (Reminders of Him)

button cek gramedia com

Nah grameds itu dia adalah beberapa ulasan singkat mengenai Buku Reminders Of Him. Buku ini sangat cocok untuk kamu yang suka membaca buku dengan genre romance yang berbeda dengan biasanya. Buku ini mengajak kita untuk menyelami cerita mengenai cinta ibu dan anak yang sangat menguras emosi, air mata dan perasaan lainnya. Buku ini mengajak kita juga untuk melihat lebih dalam mengenai cara untuk memaafkan dan juga memiliki cinta yang tulus karena cinta yang tulus dapat meluluhkan hati yang dendam sekalipun.

Jika Grameds tertarik membaca buku Reminders Of Him, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com atau toko buku Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku yang berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Awal Antara Kita (It Starts with Us)

Awal Antara Kita (It Starts with Us)

button cek gramedia com

Usai bercerai dan mengakhiri ikatan pernikahan bertabur racun, Lily berusaha kembali menata kehidupannya sebagai orangtua tunggal. Ia mulai mengurus bisnis yang keteteran sembari menyesuaikan diri dengan ritme pengasuhan putrinya bersama sang mantan suami, Ryle Kincaid. Ketika Lily tanpa sengaja bertemu Atlas Corrigan setelah hampir dua tahun berpisah, ia begitu gembira. Kini, semesta seakan berpihak pada mereka. Ingatan tentang cinta pertama dan segala kenyamanan yang pernah ia rasakan bersama Atlas, membuat Lily langsung setuju saat pria itu mengajaknya berkencan dan merengkuh kesempatan kedua sebagai dua orang dewasa. Sayangnya, kegembiraan Lily tak bertahan lama. Perceraian dengan Ryle ternyata tak serta-merta membuat Lily bebas menentukan jalan hidupnya. Bagaimanapun, Ryle ayah kandung putrinya, dan mereka terikat seumur hidup sebagai orangtua. Bagaimana jika kehadiran Atlas justru membuat Ryle semakin posesif dan bertekad menyingkirkan pria itu dari kehidupan mantan istri dan putrinya?

Akhir Antara Kita (It Ends with Us)

Akhir Antara Kita (It Ends with Us)

button cek gramedia com

Orang yang mencintaimu terkadang bisa menjadi orang yang paling menyakitimu. Hidup Lily tidak selalu mudah. Itu sebabnya ia selalu gigih memperjuangkan segala hal yang ia idamkan. Ketika tak sengaja bertemu Ryle Kincaid, dokter bedah saraf tampan yang langsung membuatnya jatuh cinta pada pertemuan pertama, segala sesuatu dalam hidup Lily terasa nyaris sempurna. Di balik ketampanan dan kecerdasannya, Ryle sosok yang keras, sedikit sombong, serta sangat ambisius. Demi menjadi ahli bedah saraf terbaik, Ryle menetapkan aturan untuk dirinya: tidak akan menjalin hubungan dengan perempuan mana pun. Hanya Lily yang mampu membuatnya luluh dan melanggar aturan tersebut. Ketika cinta dan obsesi membelit Lily dan Ryle semakin dalam dan menyesakkan, sosok Atlas Corrigan muncul. Pria itu mengingatkan Lily tentang cinta pertamanya yang nyaman dan membebaskan. Atlas adalah sahabat pelindungnya, belahan jiwanya. Namun, bagaimana jika kehadiran Atlas justru membuat segala yang dibangun Lily bersama Ryle terancam runtuh?

Hati Bertulang (Heart Bones)

Hati Bertulang (Heart Bones)

button cek gramedia com

Seharusnya Beyah Grim tidak menghabiskan musim panas bersama ayah yang nyaris tak dikenalnya andai ibunya tak meninggal mendadak akibat overdosis. Namun di sinilah ia, terjebak dalam sesuatu yang sepenuhnya asing baginya: keluarga dan rumah yang layak. Beyah hanya ingin menghabiskan waktu sendirian, tetapi berkat keluarga barunya dan Samson, tetangga sebelah rumah pantai ayahnya, rencana tersebut berantakan. Sekilas, dunia mereka bertolak belakang. Beyah mati-matian bertahan hidup dengan ibu pecandu, sementara Samson dari keluarga kaya. Namun entah kenapa, Beyah melihat kesamaan mereka dan tak bisa menyangkal ketertarikan yang timbul di antara dirinya dan Samson. Seharusnya apa yang ada di antara mereka sekadar selingan musim panas. Akan tetapi, yang tak Beyah sadari adalah sekali lagi, hidup akan menjungkirbalikkan dunia yang baru saja dinikmatinya

Written by Adila V M