7 Langkah Meraih Mimpi Ala Greysia Polii!

Halo, Grameds! ✨ Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan baik-baik saja, ya. Grameds, tiap-tiap orang pasti mempunyai mimpi mereka sendiri. Ntah kecil atau besar, manusia pasti mempunyai target, mimpi, dan cita cita. Untuk mencapai mimpi tersebut, pasti banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Seperti Greysia Polii, seorang atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil mengukir prestasi dengan memenangkan medali emas di Olympic Tokyo 2020 silam bersama rekannya, Apriyani Rahayu. πŸ€—

Pencapaiannya merupakan bukti nyata bahwa kerja keras, dan tekad yang kuat dapat membawa kita mendapatkan apa yang kita impikan. Greysia bukan hanya atlet hebat, tetapi juga inspirasi bagi banyak orang yang sedang memperjuangkan mimpi mereka. Maka dari itu, Grameds, kita akan membahas langkah-langkah Greysia Polii dalam meraih mimpinya! 😍

Nah, sebelum kita masuk ke 7 langkah meraih mimpi ala Greysia Polii, mari kita kenal lebih dekat dengan sosok yang sangat inspiratif ini. Bagaimana perjalanan karier, serta apa yang bisa kita pelajari dari dedikasi dan semangatnya? Yuk kita simak profil singkat the Smiling Champion, Greysia Polii! πŸ€—

Greysia Polii, Penakluk Medali Emas Olympic Tokyo 2020

sumber: BWF News

Grameds, siapa di antara teman-teman yang mengenal Greysia Polii? Bagi para pecinta bulu tangkis nama ini pasti membawa kenangan dan kesan yang manis. Greysia dikenal sebagai salah satu pemain bulu tangkis wanita yang sangat tangguh dan tidak kenal menyerah, sehingga banyak sekali yang terpikat dengan kegigihannya. Wanita berdarah Manado ini lahir di Jakarta, pada 11 Agustus 1987. Ia mulai mengayunkan raket sejak kecil di klub Jaya Raya Jakarta, cikal bakal keberhasilan kariernya. 🏸✨

Jatuh-bangun sudah kerap dirasakan Greysia dalam mengejar mimpi sebagai pemain bulu tangkis terbaik, dan demi meraih medali emas. Karier nya semakin melejit ketika ia dipasangkan dengan Apriyani Rahayu. Keduanya berhasil menjadi tim ganda putri yang sulit ditaklukan, dan puncaknya terjadi di Olympic Tokyo tahun 2020, di mana mereka berdua berhasil membawa pulang medali emas. Seluruh jerih payah dan dedikasi mereka membuahkan hasil yang sungguh luar biasa, Greysia dan Apriyani pun menjadi sejarah baru bagi bulu tangkis Indonesia. Keren banget, kan, Grameds? 🀩

Setelah dua dekade berkarier menjadi atlet bulu tangkis, Greysia akhirnya memutuskan untuk pensiun di tahun 2022, tepatnya pada bulan Juni. Meski sudah tidak lagi berlaga di lapangan, nama Greysia Polii akan terus bergema sebagai salah satu legenda bulu tangkis Indonesia dengan sejuta prestasi. Semangatnya, prestasinya, dan kepribadiannya yang menginspirasi, akan selalu dan terus menjadi panutan bagi generasi selanjutnya. ✨

Langkah-langkah Meraih Mimpi Ala the Smiling Champion

Karena prestasinya menyabet medali emas di Olympic Tokyo 2020, ia pun sangat berseri-seri sehingga mendapatkan julukan the Smiling Champion. Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, berpendapat jika Greysia dan Apriyani selalu memulai permainan dengan tersenyum, sehingga mereka bisa bermain dengan rileks dan tidak tegang, dan akhirnya mereka berhasil menyabet medali emas! πŸ€—πŸ₯‡

Nah, Grameds, tentunya ada beberapa langkah dan tips yang bisa kita ambil dari Greysia Polii untuk meraih mimpi. Yuk kita bahas bersama!

1. Fokus dan Menerima Bakat yang Dimiliki

Langkah pertama yang harus kita tempuh untuk meraih mimpi ala The Smiling Champion adalah fokus dan menerima bakat yang kita miliki. Maksud dari fokus dan menerima bakat yang kita miliki adalah kita meyakini bakat yang kita miliki dan fokus untuk mengejar apa yang kita impikan tanpa perlu mempedulikan apa kata orang lain yang ingin menjatuhkan kita.

Seperti yang Ibu Greysia Polii ucapkan sewaktu ia berjuang untuk memperoleh kemenangan pertamanya,

Fokus saja pada bakat dan tujuan kamu main bulu tangkis. Suatu ketika kamu akan membungkam mulut mereka dengan prestasi.

Jadi, langkah yang pertama adalah fokus mengejar apa yang impikan dan harus memercayai akan bakat yang kita miliki.

2. Disiplin dan Berlatih Lebih Keras

Disiplin merupakan hal yang cukup sulit untuk dijalani, namun, tanpa sikap disiplin kita tidak akan bisa mencapai tujuan kita. Salah satu langkah Greysia Polii untuk mendapatkan medali emas di Olimpiade adalah dengan menerapkan sikap disiplin dan berlatih dengan keras melebihi orang lain.

Sebagai pemain di level pembinaan, Greysia digembleng setiap hari. Greysia memulai harinya ketika matahari belum terbit, sekitar pukul setengah lima. Ketika menunggu giliran berlatih teknik di GOR PB Jaya Raya, ia meneruskan kebiasaan lama yang ditanamkan sang mama: berlatih sendiri. Dia pukul shuttlecock ke tembok berkali-kali.

Jadi, untuk meraih tujuan yang selama ini kita impikan, kita harus mengeluarkan segenap tenaga, waktu, usaha, dan tekad yang kuat. Menjadi disiplin dan berlatih lebih keras merupakan salah satunya.

3. Selalu Optimis dan Mantap Berkomitmen

"Saya ingin bermain bulu tangkis saja, ma!"

Ketiga, kamu juga harus selalu optimis dan mantap berkomitmen seperti apa yang dilakukan oleh Greysia Polli. Optimis di sini adalah yakin bahwa bakat yang kamu miliki dan jalan yang kamu tempuh pasti akan membawa kamu ke tempat yang kamu tuju.

Hal ini harus kamu lakukan dengan cara berkomitmen atas apa yang kamu pilih. Seperti yang dilakukan Greysia Polii saat kecil, ia tidak ragu untuk memilih jalan hidup untuk bermain bulu tangkis. Ketika ditanya oleh Sang Ibunda untuk tetap tinggal di Manado atau pindah ke Jawa untuk mengembangkan bakat bulu tangkis, Greysia memilih untuk pindah dan mengikuti kata hati untuk mantap berkomitmen di dunia olahraga bulu tangkis.

4. Pantang Menyerah dan Selalu Bangkit saat Gagal

"Kalau terjatuh, dia pasti segera bangkit lagi!"

Langkah keempat untuk meraih impian ala Greysia Polii adalah pantang menyerah dan bangkit ketika gagal. Di perjuangannya dalam meraih impiannya, jalan yang ditempuh Greysia tidaklah selalu mulus. Banyak penghalang dan ujian harus ia hadapi. Namun, ia pantang menyerah dan selalu bangkit di setiap keadaan.

Seperti salah satu contohnya ketika ia bertanding di turnamen Yonex Chinese Taipei Open 2011 sebagai tim ganda putri bersama Meiliana. Ia mengalami musibah, di mana ia cedera cukup parah. Walaupun dengan keadaan mengenaskan, ia hanya menyemprotkan pain killer dan tetap melanjutkan permainan.

Namun, tetap saja karena kondisi yang sudah parah, tim lawan berhasil menyusul skor, sehingga tim ganda putri Indonesia harus menerima kekalahan.

Dari peristiwa itu kita mengetahui bahwa musibah dan kegagalan tidak menjadi pembatas untuk kita meraih mimpi. Yang harus kita lakukan adalah pantang menyerah dan menghadapi segala kegalalan yang menimpa kita dan selalu bangkit untuk terus mengejar yang kita tuju.

5. Membuat Keterbatasan Menjadi Potensi dan Bukan Penghalang

"Setiap perjuangan harus disertai kepasrahan kepada takdir Tuhan. Dengan begitu, kita akan siap menerima kegagalan ataupun keberhasilan dengan sewajarnya saja. Suatu hari kamu akan paham apa yang sekarang mama katakan," kata Evie kepada Greysia ketika menjejakkan kaki di Jakarta.

Terkadang kita sudah memiliki potensi, namun tetap saja kita pasti akan menemukan penghalang di jalan yang kita tempuh. Namun, bukan berarti keterbatasan dan penghalang membuat kita harus merelakan mimpi yang kita miliki.

Seperti contohnya yang Greysia dan ibunya alami ketika sedang mengembangkan keahlian bulu tangkis Greysia di Jakarta. Walaupun hanya membawa bekal uang seadanya dan menetap di kontrakan berukuran 3 x 2 meter, mereka tetap bertahan dan fokus pada tujuan: mengasah skill Greysia untuk menjadi altet bulu tangkis profesional.

6. Komunikasi dan Team Work

Selain memfokuskan pada potensi yang ada pada diri kita, kita juga harus menjalin hubungan yang baik dengan rekan atau partner kita. Cara yang bisa kita lakukan adalah berkomunikasi dan menciptakan team work yang baik. Komunikasi

Salah satu momen dalam perjalanan Greysia Polii saat menempuh impiannya untuk menjadi pemain bulu tangkis terhebat, ia pernah dipasangkan dengan Apriyani untuk turnamen ganda putri. Saat itu Greysia merupakan senior dalam dunia bulu tangkis, sementara Apriyani adalah juniornya, membuat pengalaman mereka cukup berbeda.

Namun, walau dengan pengalaman yang cukup berbeda mereka bisa mengatasi perbedaan tersebut dengan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik salah satu contohnya adalah jujur dan terbuka dengan apa yang dirasakan. Seperti yang dilakukan Apriyani ketika mereka melawan Jepang,

"Kak, saya takut melawan Jepang. Mental saya langsung drop dan itu membuat permainan saya berantakan,"
"Pri, kalau kamu takut, aku jadi bingung, tapi mau apa lagi. Kita jalani dulu, ya, pri."

Dengan komunikasi yang baik, kita juga bisa menciptakan team work yang maksimal. Jadi, pastikan untuk menjalin komunikasi yang terbuka dengan orang-orang disekitar yang sekiranya memberikan pengaruh untuk kita dalam menggapai mimpi.

7. Afirmasi Positif

Last but not least, langkah yang harus kamu lakukan adalah menerapkan afirmasi positif setiap hari. Afirmasi positif merupakan kegiatan meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa dan kita mampu melewati apa yang sedang kita jalani dan mencapai yang selama ini kita impikan.

Salah satu hal rahasia Greysia Polii mampu meraih medali emas di Olimpiade adalah karena afirmasi positif yang selalu ia lakukan setiap hari. Afirmasi ini ia lontarkan seperti layaknya mantra yang menguatkan dia untuk meraih mimpinya.

"Greysia mengulangi rangkaian kalimat afirmasi diri itu berkali-kali dengan nada yang semakin lirih sambil tetap menatap bayangan dirinya di cermin. Bayangan itu menatap balik dan tersenyum. Matanya bening dan teduh. Greysia kamu kuat."

Afirmasi positif inilah yang membuat ia berhasil menggapai cita-cita yang sedari kecil sudah ia dambakan. So, jangan lupa untuk selalu ucapkan afirmasi yang positif setiap harinya, ya, Grameds! Dari afirmasi positif itu, langkah yang kita tempuh akan menjadi lebih ringan dan mimpi kita pun terasa lebih dekat.

Nah, untuk mengetahui langkah lengkap meraih impian ala Greysia Polii dan melihat bagaimana Greysia Polii berjuang untuk meraih kemenangannya di Olimpiade Dunia, kamu bisa membacanya di buku biografi miliknya yaitu Menembus Garis Batas: Perjuangan dan Perjalanan Hidup Greysia Polii dari Titik Nadir Hingga Juara Olimpiade.

Di buku ini kamu akan melihat perjuangan panjang seorang peraih medali emas, mulai ketika ia menyadari akan bakat yang dimiliki hingga melampaui keterbatasan-keterbatasan yang ia miliki. Buku Menembus Garis Batas bisa menjadi pematik untukmu meraih mimpi.

Dapatkan Bukunya di Sini!

Jadi, itu dia Grameds, 7 langkah meraih mimpi ala Greysia Polii, sang peraih medali emas Indonesia. Ternyata meraih dan menggapai mimpi itu tidak semudah yang kita bayangkan, ya, Grameds. Perlu adanya kerja keras dan tekad yang kuat, dan tentunya dukungan dari orang-orang tersayang.

So, sekarang sudah tahu kan rahasia Greysia Polii bisa menjadi salah satu pemain bulu tangkis terhebat di dunia. Temukan rahasia-rahasia untuk mengembangkan potensi diri lainnya melalui kumpulan buku yang tersedia di Gramedia.com. Jangan lupa juga untuk cek terus penawaran-penawaran spesialnya dengan klik banner di bawah ini! ‡️‡️

Temukan Semua Promo Spesial di Sini!

Header: kompas.com/Felisitasya Manukbua

Penulis: Adila Vernias & Laila Wulanalfi