What Comes After Love: Perjuangan Cinta Beda Negara

What Comes After Love: Perjuangan Cinta Beda Negara

Pernahkah kalian membayangkan jika jodoh yang kalian tunggu-tunggu sejak lama, ternyata tinggal di negara lain? Kita yang sudah putus asa menanti cinta, eh, tahu-tahu si dia ada dan tinggal di luar negeri, waduhh... Unexpected banget ya, Grameds! 🌍😱

Nah, Gramin kembali hadir dengan sesuatu yang seru untuk kalian, Grameds! Kali ini, kita akan membahas drama Korea berjudul What Comes After Love. Cerita ini mengisahkan cinta lintas negara antara seorang perempuan Korea Selatan dan lelaki Jepang. Terdengar menarik banget, kan? Gramin saja sudah tidak sabar untuk nonton drama ini! 😍

Tanpa berlama-lama, yuk, kita eksplor lebih dalam What Comes After Love, si drakor tentang cinta lintas negara ini. Tetap ikuti terus, ya, Grameds! 🤗

Sinopsis Drakor What Comes After Love

Drakor What Comes After Love menceritakan tentnag perempuan bernama Choi Hong (Lee Se Young) yang berasal dari Korea Selatan, dan laki-laki bernama Aoki Jungo (Sakaguchi Kentaro) dari Jepang.

Choi Hong adalah seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Jepang. Keduanya bertemu saat di Jepang dan saling jatuh cinta. Mereka lalu menjalin kisah percintaan. Namun, hubungan mereka kandas saat Choi Hong harus kembali ke negara asalnya, Korea Selatan.

Meskipun hubungan asmara mereka harus kandas, keduanya sadar bahwa mereka masih menyimpan rasa yang begitu besar pada masing-masing. Oleh karena itu, ketika Aoki Jungo pergi ke Korea Selatan dan bertemu kembali dengan Choi Hong, lima tahun setelah hubungan mereka berdua berakhir, muncul perasaan begitu dalam yang tak bisa mereka bendung lagi.

Collab Sensasional antara Aktor Korea dan Jepang

Seperti yang sudah disampaikan pada sinopsis di atas, drakor What Comes After Love bukan hanya bercerita tentang dua insan yang berbeda negara, melainkan juga diperankan oleh aktor dari dua negara yang berbeda, yaitu aktor Korea Selatan dan Jepang.

Pemeran Choi Hong adalah Lee Se Young, aktris cantik asal Korea Selatan yang namanya naik beberapa tahun terakhir. Karya-karyanya yang terkenal sebut saja, The Red Sleeve (2021), Doctor John (2019), Law Cafe (2022), dan proyeknya yang terakhir, The Story of Park's Marriage (2023-2024).

Lee Se Young yang sudah memulai debut akting sejak kecil ini, lagi-lagi beradu akting dengan aktor tampan, namun kali ini bedanya ia berasal negeri Sakura, yaitu Kentaro Sakaguchi.

Kentaro Sakaguchi atau yang kerap dipanggil Sakaken oleh para fansnya merupakan salah satu aktor populer di Jepang yang sudah memainkan berbagai macam film dan series. Mulai dari filmnya bersama Kento Yamazaki di Heroine Disqualified (2015), hingga film bersama aktris cantik Nana Komatsu di The Last 10 Years (2022).

Walau keduanya baru pertama kali bertemu di proyek drakor What Comes After Love, Lee Se Young dan Kentaro Sakaguchi bisa membuat para penonton terenyuh dengan akting mereka. Bagaimana keduanya menciptakan karakter yang saling jatuh cinta, namun terhalang oleh latar belakang dan berbagai perbedaan.

Selain perpaduan aktor yang cukup unik, ada hal lain yang membuat drakor What Comes After Love, yaitu drakor ini merupakan hasil adaptasi novel karya Gong Ji Young dan Tsuji Hitonari dengan judul yang sama. Yap! Penulis novelnya pun ternyata dua orang yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang. Membuat kisah di drakor ini semakin dalam.

Tak perlu khawatir dengan adaptasinya, karena drakor ini disutradarai oleh Moon Hyun Sung yang juga menggarap Seoul Vibe (2022), The King’s Case Note (2017) dan As On" (2012).

Nah, drakor What Comes After Love ini akan tayang dalam 6 episode berdurasi 60 menit. Selain Lee Se Young dan Kentaro Sakaguchi, drakor ini juga dibintangi oleh aktor Hong Jong Hyun, Nakamura Anne, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk ikuti update-an What Comes After Love tiap minggunya dan saksikan kolaborasi yang sensasional antara Lee Se Young dan Kentaro Sakaguchi.

Rekomendasi Novel Romansa Cinta Beda Negara

Cinta beda negara ternyata bukan hanya fenomena yang ada cerita-cerita drakor aja lho, Grameds, melainkan juga menjadi salah satu tema kisah romansa favorit penulis-penulis novel di luar sana. Kalau kamu salah satu pecinta troup romansa satu ini, Grameds bisa cek rekomendasi novel romansa cinta beda negara yang sudah Gramin taruh di bawah. Yuk, cek daftarnya!

1. Jilbab Traveler Love Spark In Korea

whatCek Bukunya di Sini!

Asma Nadia, selalu bisa membuat para pembaca novel langsung jatuh cinta saat telah tenggelam di dalam cerita. Bagaimana bisa setiap kata dan kalimat diukir sangat begitu hati-hati dan bisa menghasilkan kata yang sangat cantik untuk dinikmati? Bukan kali pertama Asma Nadia membuat pembaca jatuh cinta dengan kisah-kisah dalam novelnya.

Salah satunya adalah Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea ini akan membuat kita ingin berbagi pengalaman dalam membaca ceritanya. Rania, tokoh utama dalam novel ini menjadikan agamanya sebagai landasan kehidupannya, tak terkecuali dalam urusan traveling. Ia ingin mencari jejak-jejak cinta Allah di seluruh dunia.

Namun, si Jilbab Traveller ternyata tak cuma menemukannya pada tempat-tempat indah yang menakjubkan dan terkadang menikam emosi, teteapi jejak itu juga membayang pada laki-laki Korea yang memotret kehidupan ini dengan cintanya yang hitam putih.  

Dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti membuat novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan termasuk remaja. Selain itu, kisah-kisah percintaan dalam novel ini mengajak kita agar lebih mencintai Zat yang memberikan cinta, yaitu Allah SWT.

Tak hanya kisah romansa, dalam novel ini juga terdapat cerita tentang keluarga, perjuangan hidup, pencarian jati diri serta usaha meraih mimpi yang membuat pembaca menjadi terinspirasi. Kita juga akan disuguhi kata-kata mutiara yang memikat hati di setiap dialog maupun pergantian bab.

2. Winter in Tokyo

whatCek Bukunya di Sini!

Novel Winter in Tokyo karangan Ilana Tan menyajikan kisah cinta yang indah namun juga menyayat hati antara Ishida Keiko, gadis blasteran Indonesia - Jepang, dengan Nishimura Kazuto.  

Keiko tinggal di sebuah apartemen di kota Tokyo. Suatu waktu, apartemen Keiko kedatangan tetangga baru dari New York, Nishimura Kazuto. Seiring waktu, terjalin keakraban dan timbul ketertarikan antara keduanya. Ketika Kazuto berencana mengutarakan perasaannya kepada Keiko, Kazuto dikeroyok sejumlah preman yang membuat ia gegar otak dan hilang ingatan.  

Kazuto pun lupa akan perasaannya terhadap Keiko, terlebih lagi setelah Keiko bertemu kembali dengan cinta pertamanya, Kitano Akira. Di lain sisi, kehadiran Iwamoto Yuri, gadis yang pernah dicintai Kazuto, juga menenggelamkan perasaan Keiko terhadap Kazuto.

Di novel ketiganya ini, Ilana Tan semakin piawai membentuk karakter tokoh-tokoh utamanya. Ilana mampu membuat pembaca untuk mengikuti tulisannya hingga akhir cerita yang tak terduga. Penuturan lokasi yang juga cerita menarik, membuat pembaca bisa ikut merasakan denyut kehidupan masyarakat di Tokyo.

3. Kembar Keempat

whatCek Bukunya di Sini!

Dari gempita Manhattan, New York, sampai romantika Paris, novel ini melintasi empat benua. Kisah drama kemanusiaan yang penuh cinta, air mata, dan pengorbanan. Tentang perjuangan manusia meraih kebahagiaan, dan ketidakberdayaan manusia melawan kebenaran takdir.

Kembar Keempat, menceritakan tentang Axena, gadis empat belas tahun asal panti asuhan Yogya. Nasib mengubah hidup, keberuntungan membawanya ke Manhattan, New York. Wajahnya menjadi ikon kecantikan berkat kontrak jutaan dollar Diva Cosmetics. Panggung busana internasional melambungkan namanya sebagai supermodel dunia. Rencana pernikahannya dengan sutradara film Yahudi seakan melengkapi kebahagiaannya.

Di sisi lain, Havana Sitompoel, perempuan berkepala botak, berayah Tapanuli, beribu Turki, lulusan sekolah khusus anak-anak cerdas dan berbakat di London, Inggris. Bekerja lepas pada Kepolisian Istanbul, khusus memotret korban bunuh diri. Tingkat intelegensia tinggi seakan tak berdaya ketika seorang pelukis membelenggu dirinya dalam hubungan cinta terlarang.

Bhara, Bhadra, dan Bhajra Pusponegoro, saudara kembar-tiga, serupa dalam tampan, berbeda dalam bakat. Bhara, penyanyi, mengikuti audisi drama musikal berjudul The Prince of Bali di pentas Broadway. Bhadra, pencipta lagu, karyanya mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat internasional. Bhajra, sutradara film dokumenter, menjelajahi nusantara mengabadikan warisan budaya. Namun kiprah mereka meraih masa depan dibayangi rahasia gelap masa lalu.

4. Road to Your Heart, Love In Ho Chi Min

whatCek Bukunya di Sini!

Kevin Charles Wyler memulai perjalanan pertamanya menjelajahi Asia Tenggara ke Vietnam. Menjauh dari kerumitan masalah di kota kelahirannya, Los Angeles. Baru tiga hari berada di kota yang dulu bernama Saigon ini, lalu lintas ajaib Ho Chi Minh membuatnya celaka.

Tatiana Rawnie menjejakkan kaki untuk yang pertama kalinya di Ho Chi Minh untuk melakukan perjalanan bersama dua temannya, sekaligus menemui seseorang yang telah lima belas tahun meninggalkannya.  Keduanya bertemu dalam perjalanan menuju tempat bersejarah peninggalan tentara Vietkong. Insiden yang mendebarkan dan terlarang di Cu Chi Tunnel membuat mereka terikat dalam perjalanan panjang dari Ho Chi Minh menuju Hanoi.  

Kevin, pemuda Amerika yang nyaris tak percaya Tuhan, dan Tatiana, muslimah asal Lombok, tak bisa mengelak dari perasaan saling suka yang perlahan tumbuh tak bisa dicegah. Segalanya hampir berjalan lancar andaikan Luce, gadis pirang dari masa lalu Kevin, tidak datang mengejar dan memaksa Kevin kembali ke LA.  

Pengakuan mengejutkan dari gadis Amerika itu membuat kepercayaan Tatiana pada Kevin goyah. Manakah yang harus dia percaya; cerita Kevin atau Luce? Bagaimanakah dengan misi Tatiana? Apakah dia berhasil menemui seseorang yang berjanji akan menemuinya di Ho Chi Minh?

Novel yang juga merangkap sebagai buku traveling ini seolah ikut mengajak kita bertualang dengan mereka mengelilingi Vietnam. Banyaknya informasi menarik seputar traveling dalam buku ini.

Bahkan, untuk Grameds yang berencana ingin traveling dengan budget mepet, buku ini mungkin bisa membantu. Tempat-tempat perjalanan yang direkomendasikan oleh penulis cukup untuk kamu menjelajah sendiri keluar negeri. So, selain menikmati kisah romansa Tatiana dan Kevin, kamu juga akan mendapatkan tips traveling.

5. Daisy

whatCek Bukunya di Sini!

Daisy Tanisha melewatkan beberapa bulan terakhir dalam pelarian. Ia berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain, tidak mau terikat, tidak berani terlalu lama menetap. Tujuannya hanya satu: menemukan tempat yang aman agar bisa hidup tenang dan terbebas dari masa lalu yang menyakitkan, selamanya.  

Namun, pertemuan Daisy dengan pria aneh bernama Liam Harper mengubah segalanya. Bermula dari tawaran pertemanan, Liam terus menggoyahkan niat Daisy untuk melarikan diri. Sampai-sampai Daisy lengah dan tidak melihat ancaman yang sudah menunggu, yang siap merenggut sisa kebahagiaannya serta menghancurkan seluruh hidupnya.

Seperti buku-bukunya yang sebelumnya, Ayu Rianna mampu menggambarkan deskripsi yang detail pada setiap situasi dan latar tempat membuat kita seakan-akan berada di Bandung dan mengikuti keseharian Daisy dan Liam.

Dengan tema yang cukup berat dan terkesan kelam, yaitu tentang penyembuhan dan berdamai dari trauma masa lalu, Ayu Rianni berhasil mengeksekusinya dengan alur cerita yang rapi dan mengalir, serta narasi yang memikat. Plot twist yang hadir di akhir pun akan cukup mengejutkan.

Karakterisasi dari tokoh-tokohnya pun tak kalah menarik. Daisy yang terlihat rapuh dan penuh penolakan ternyata memiliki kepribadian yang baik dan cukup tangguh. Di lain sisi, kita akan dilihatkan sosok Liam yang act of service, tampan, humoris, sopan, dan pecinta hewan. Namun, dibalik sosok yang terlihat sempurna tersebut, ia juga menyimpan luka di dalam hati dan trauma masa lalunya.

Meski konfliknya cukup berat, novel ini teteap dikemas dengan ringan yang nggak akan bikin kamu sakit kepala. Pace-nya yang cepat juga dijamin nggak akan membuat kamu bosan!


Nah, itu dia Grameds, informasi terkait drakor What Comes After Love, hingga rekomendasi novel yang memiliki tema cinta beda negara. Ternyata kisah romansa beda negara juga merupakan tema menarik yang disukai banyak orang, ya. Mulai dari novel, film, hingga drakor pun banyak yang mengangat tema tersebut.

So, tunggu apa lagi? Yuk, eksplor lebih banyak novel-novel romansa lokal maupun terjemahan yang tersedia di Toko Gramedia dan Gramedia.com. Temukan juga penawaran-penawaran menarik lainnya dengan klik banner di bawah ini! Selamat menjelajah dan berbelanja, Grameds!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header: dok. Gramedia


Enter your email below to join our newsletter