Film Horor Indonesia Oktober 2024 yang Menghantui Halloween Kamu

Film Horor Indonesia Oktober 2024 yang Menghantui Halloween Kamu

Boo! πŸ‘»
It's spooktober, Grameds! 😨

Bukan orang Indonesia namanya kalau gak ada produksi film horor tiap bulan, apalagi di bulan Oktober yang spooky banget ini. Film horor menjadi salah satu genre yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan di berbagai belahan dunia. Makanya, gak heran kalau film horor selalu mendapatkan penonton yang banyak, sampai juta-jutaan!

Film horor adalah genre film yang dirancang untuk menimbulkan perasaan ngeri, takut, cemas, atau ketegangan yang amat sangat melalui cerita-cerita supranatural, psikologis, atau kekerasan. πŸ¦‡

Salah satu ciri khas film horor Indonesia adalah penggunaan mitos dan legenda lokal sebagai tema utama. Tokoh-tokoh seperti kuntilanak, pocong, sundel bolong, dan tuyul kerap diangkat dalam film karena sudah menjadi bagian dari cerita rakyat yang diwariskan turun-temurun.


Film horor Indonesia banyak terinspirasi oleh cerita-cerita mistis yang ada di berbagai daerah di Indonesia, menjadikannya unik dibandingkan dengan film horor dari negara lain.

Dalam film horor, sering kita menemui makhluk-makhluk gaib, seperti hantu, iblis, dan monster, atau situasi yang mengerikan seperti pembunuhan dan kejadian mistis. Tujuan utama dari film horor adalah memicu emosi penonton melalui situasi-situasi yang menyeramkan dan tak terduga.

Selain karena memicu ketegangan dan adrenalin penonton, film horor juga lekat hubungannya dengan kepercayaan dan tradisi masyarakat Indonesia terhadap hal-hal yang berbau mistis dan supranatural. Film horor juga sering dijadikan sebagai sarana hiburan sosial.


Menonton film horor bersama teman atau keluarga bisa menjadi momen yang menyenangkan, karena rasa takut yang dialami bersama-sama membuat suasana menjadi lebih hidup. Jadi, untuk film-film horor Indonesia terbaru bulan Oktober di bawah ini... Grameds mau nonton bareng siapa? 😁🎦

1. Kemah Terlarang: Kesurupan Massal

Sumber: IMDb

Diangkat dari kisah nyata, perkemahan Pramuka di Jogja tahun 2016. Rini (Callista Arum), siswi kelas 1 SMA Pandega, mengikuti perkemahan di hutan Wana Alus untuk membuktikan dirinya kuat dan mendekati Miko (Fatih Unru), ketua panitia yang diam-diam ia sukai. Meski awalnya dilarang oleh kuncen desa, Mbah Sonto (Landung Simatupang), izin akhirnya diberikan dengan syarat tidak mengusik tempat sajen.

Namun, selama tiga hari perkemahan, kejadian di luar nalar terjadi. Pada malam puncak pementasan drama, Rini yang memerankan tokoh Roro Putri tiba-tiba kesurupan arwah asli Roro Putri (Nihna Fitria) dan memantik kesurupan massal di kalangan peserta lainnya. Keadaan menjadi kacau, banyak korban terluka hingga ada yang terancam nyawa. Miko, dewan ambalan, dan Mbah Sonto berjuang keras untuk menyelamatkan para siswa.

Mampukah mereka mengatasi teror gaib ini dan membawa semua peserta pulang dengan selamat? Temukan jawabannya dan ikut berkemah dengan mereka karena Kemah Terlarang: Kesurupan Massal sudah tayang sejak 10 Oktober sampai sekarang di bioskop kesayangan kamu! β›ΊπŸŒ‘

2. Kuasa Gelap

Sumber: IMDb

Setelah kematian ibu dan adiknya dalam kecelakaan tragis, Thomas (Jerome Kurnia) bermaksud mengundurkan diri sebagai Romo. Namun dirinya justru diberi tugas terakhir untuk membantu Romo eksorsis, Rendra (Lukman Sardi), yang kesehatannya kian menurun, untuk mengusir iblis yang merasuki Kayla (Lea Ciarachel), sahabat mendiang adiknya.

Thomas dan Rendra berusaha sekuat tenaga untuk mengusir iblis yang bersemayam dalam tubuh Kayla. Ternyata sosok iblis itu sangat kuat. Bukan saja mengancam nyawa Kayla tetapi juga Maya (Astrid Tiar), ibu Kayla yang menyimpan masa lalu gelap hingga membuatnya dikejar rasa bersalah.

Kuasa Gelap adalah film horor pertama di Indonesia yg mengangkat ritual Gereja Katolik berdasarkan kasus nyata Eksorsisme dan telah mengudara dari tanggal 3 Oktober di bioskop. Tertarik buat nonton, Grameds? Kuasa Gelap masih tayang sekarang! πŸ•Šβ›ͺ

3. Tebusan Dosa

Sumber: IMDb

Wening (Happy Salma), seorang ibu mengalami kejadian tragis ketika Nirmala (Keiko Ananta), anaknya yang berusia 11 tahun, hilang dalam kecelakaan motor di sebuah jembatan. Kecelakaan itu juga merenggut nyawa Uti Yah (Laksmi Notokusumo), ibunda Wening. Wening merasa sangat berdosa karena membuat ibunya meninggal dan anaknya hanyut di sungai, tapi dia percaya Nirmala masih hidup. 😨

Tirta (Putri Marino), seorang perempuan kreator podcast misteri, berminat memviralkan tragisnya kehidupan Wening, namun bantuannya malah membuat Tirta menyibak rahasia gelap masa lalu Wening yang mengakibatkan hilangnya Nirmala.

Dengan segala upaya dan penuh harapan, Wening mencari Nirmala, termasuk meminta bantuan Tetsuya (Shogen), peneliti dari Jepang. Wening juga meminta bantuan Mbah Gowa (Bambang Gundhul), seorang dukun misterius. Namun, di tengah pencarian, Wening selalu didatangi oleh hantu Uti Yah.

Akankah Wening bersatu lagi dengan Nirmala? Saksikan Tebusan Dosa di layar lebar yang akan datang pada 17 Oktober!

4. Perewangan

Sumber: IMDb

Seorang gadis bernama Maya (Davina Karamoy) mulai menghadapi serangkaian peristiwa aneh dan mengerikan setelah ibunya jatuh sakit. Teror demi teror mulai mengganggu kehidupan mereka, hingga akhirnya puncak dari teror tersebut adalah kematian ayah Maya secara misterius. Sebelum sakit, ibu Maya memiliki kebiasaan aneh yaitu menumbuk lesung kosong setiap pagi.

Ternyata, kebiasaan tersebut adalah praktik lama yang diwariskan dari sang ayah. Lesung kosong itu bukan sekadar alat rumah tangga, melainkan media persekutuan dengan makhluk halus, jin, dan setan, yang digunakan untuk membawa keberuntungan. πŸ‘»

Maya, yang awalnya tidak menyadari semua ini, mulai mengalami kejadian-kejadian di aneh. Teror yang dialaminya bukan sekadar wujud fisik, tapi juga tekanan batin yang semakin hari semakin aneh.

Kira-kira apa yang sebenarnya disembunyikan ibunya? Apakah Maya akan selamat dari ancaman tak kasat mata ini, atau justru terjebak dalam kutukan yang ditinggalkan oleh keluarganya? Film horor Perewangan akan tayang 24 Oktober di bioskop!

5. Dosa Musyrik

Sumber: IMDb

Nugie (Marthino Lio), seorang pemuda yang hidup dalam kesulitan ekonomi, terjebak dalam lingkaran setan ketika ia tergoda oleh janji kekayaan instan. Dengan harapan mengubah nasibnya, ia mencari bantuan dari Mbah Narto (Pritt Timothy), seorang dukun sakti yang dikenal memiliki kekuatan gaib.

Namun, di balik kedok kesaktiannya, Mbah Narto menyimpan rahasia kelam dan niat jahat. Sebagai imbalan atas bantuannya, Mbah Narto memberikan Nugie sebuah keris keramat. Keris ini bukan sekadar senjata, melainkan benda bertuah yang menyimpan kekuatan mistis. βš”οΈ

Keris ini juga membawa kutukan yang mengerikan. Sejak saat itu, kehidupan Nugie berubah drastis. Kehadiran makhluk halus, mimpi buruk yang berulang, dan peristiwa-peristiwa aneh mulai menghantui kehidupannya.

Dosa Musyrik akan mendatangi kamu di hari Halloween, 31 Oktober 2024! Siap hadapi ketegangannya, Grameds? Jangan lupa tutup mata! 🫣


Film horor Indonesia selalu memiliki tempat istimewa dalam industri perfilman nasional. Dikenal karena mampu menghadirkan cerita-cerita yang berkaitan erat dengan pengalaman masyarakat sehari-hari, film horor Indonesia menjadi genre yang sangat relevan dan menakutkan bagi penonton lokal.

Gak cuma film aja, Gramin juga punya rekomendasi novel horor yang dijamin bikin kamu melek dan merinding bacanya! Siap? πŸ’€

Hollowread: Rekomendasi Novel Spesial Halloween!

1. Petaka Keluarga Inugami

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Petaka Keluarga Inugami merupakan kisah pembunuhan klasik yang mencekam, mahakarya salah satu penulis misteri paling terkenal di Jepang, Β Seishi Yokomizo.

Pada tahun 1940-an, pemimpin Keluarga Inugami yang kaya raya meninggal, dan para anggota keluarganya menantikan pembacaan surat wasiat dengan tidak sabar. Namun, tak lama setelah isi surat wasiat yang mengejutkan itu terungkap, serangkaian tragedi berdarah pun dimulai. 🩸

Detektif Kindaichi Kosuke harus menguak rahasia-rahasia gelap tentang hubungan terlarang, kekejaman tak terbayangkan, dan identitas tersembunyi untuk mencari sang pembunuh serta menghentikan petaka yang melanda Keluarga Inugami.

2. Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Kamu tahu film Enola Holmes, gak, Grameds? Yang diperankan oleh Millie Bobby Brown itu! Kalau tahu, berarti kamu harus baca buku ini: Enola Holmes dan Kereta Kuda Hitam! 🐎

Ketika Miss Letitia Glover datang meminta bantuan Sherlock, Enola yang justru mengulurkan tangannya. Letitia menceritakan bahwa dia menerima surat singkat dari Earl Dunhench, suami dari saudarinya, Felicity Glover, yang mengatakan bahwa Felicity telah meninggal. Namun, Letitia Glover yakin itu tidak benar.

Isi dari surat tersebut begitu mencurigakan, sertifikat kematiannya bahkan lebih mencurigakan lagi. Hal tersebut membuat Enola tertarik, tapi satu-satunya cara untuk mencari kebenaran adalah dengan menyusup ke kediaman sang Earlβ€”sesuatu yang sangat dibantah oleh Sherlock. Kebenaran dari nasib Felicity ternyata terkait dengan sebuah kereta kuda hitam misterius.

3. Respati: Malam Pencabut Nyawa

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Dari judulnya saja sudah mengerikan ternyata isinya gak kalah mengerikan! 😰 Novel horor lokal karangan Ragiel JP ini berjudul asli Respati, dan telah diadaptasi menjadi film dengan judul Malam Pencabut Nyawa.

Kejadian mengerikan terjadi di Yogyakarta. Para korban ditemukan tewas tergantung dalam posisi terbalik. Tidak ada satu pun yang tahu siapa pelaku semua pembunuhan itu. Namaku Respati. Aku mempunyai kemampuan aneh, yaitu bisa masuk ke dalam mimpi seseorang hanya dengan menyentuh kulit Si Pemimpi.

Aku sudah terbiasa dengan kemampuan ini sebelum mengenal Wulan yang ternyata mimpinya tidak bisa kutembus. Dari Wulan-lah aku tahu bahwa aku seorang Penjelajah Mimpi. Dari Wulan pula aku tahu bahwa semua kasus pembunuhan itu berhubungan erat dengan kemampuanku.

4. The Ink Black Heart

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Ketika Edie Ledwell, dalam keadaan panik dan awut-awutan, muncul di kantor biro detektif serta meminta berbicara dengannya, Robin Ellacott tidak yakin bagaimana harus menangani situasi tersebut. Edie, kokreator kartun populer The Ink Black Heart, dipersekusi oleh sosok online misterius yang menggunakan nama samaran Anomie. Dia ingin mengetahui identitas Anomie yang sebenarnya.

Robin memutuskan bahwa biro detektif mereka tidak dapat membantu Edie---dan Robin tidak memikirkannya lagi hingga beberapa hari kemudian dia membaca berita mengejutkan bahwa Edie Ledwell telah dibunuh di Highgate Cemetery, lokasi The Ink Black Heart. Robin dan partner bisnisnya, Cormoran Strike, terseret dalam upaya keras mengungkap identitas sejati Anomie.

Namun, dunia daring yang kompleks dan ruwet penuh nama alias, sementara kepentingan bisnis serta konflik keluarga mesti dihadapi, Strike dan Robin terlibat kasus yang menguji kemampuan deduksi mereka… dan mengancam keberlangsungan hidup serta penghidupan mereka. Misteri yang cerdas dan menegangkan. The Ink Black Heart adalah karya Robert Galbraith yang membuktikan kekuatan, keterampilan, dan kecerdikannya.

5. Creepy Case Club 5: Kasus Jendela Siluman 2024

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Ada satu jendela yang tak pernah terlihat penghuninya.

Karena sekolah sedang ditutup, Namira dan kawan-kawannya harus beradaptasi dengan kebiasaan baru: sekolah online dari rumah. Suatu hari, ruang kelas online mereka disusupi sosok tak dikenal, padahal akses ke ruang kelas itu hanya untuk para murid dan guru. Kemudian, Vedi dan Jani mendapat gangguan teror aneh melalui gadget mereka.

Siapakah penyusup itu? Apa yang dicari sosok misterius di balik jendela virtual di layar gadget anak-anak ini? Β Walaupun sedang di rumah saja, Creepy Case Club 5: Kasus Jendela Siluman 2024 terlibat dalam sebuah petualangan yang belum pernah mereka alami sebelumnya.

6. Para Perawan (The Maidens)

filmRasakan Kengeriannya Sekarang!

Seorang gadis muda ditemukan terbunuh di Cambridge. Zoe menduga itu jasad sahabatnya, Tara. Dengan dicekam kekhawatiran, Zoe menelepon bibinya, satu-satunya orang yang bisa dia andalkan. Demi keponakannya, Mariana Andros langsung mengunjungi Universitas Cambridge meski terasa berat.

Mariana harus melawan kerinduan selagi menyusuri tempat-tempat kenangan bersama suaminya, Sebastian. Ternyata Tara salah satu anggota Para Perawan, kelompok istimewa yang dipimpin oleh profesor kelas Greek Tragedy, Edward Fosca. Namun alibi Edward sempurna, sehingga dia lolos dari penyelidikan polisi. Ketika mayat gadis lain ditemukan, Mariana semakin mencurigai sang profesor.

Dengan tekad untuk menyerat kembali Edward ke dalam penyelidikan, Mariana justru menemukan fakta yang meruntuhkan segala yang dia yakini selama bertahun-tahun. Penasaran lanjutannya? Baca Para Perawan sekarang!


Jadi gimana, Grameds yang sinefil? Udah tahu mau nonton yang mana? Coba, tes keberanian kamu lewat film-film horror yang di atas tadi! Kalau kamu berhasil gak menutup mata tiap adegan jumpscare, Gramin acungkan 4 jempol, deh! πŸ˜ΌπŸ‘πŸ»

Omong-omong, buku-buku horor lainnya dapat kamu temukan dalam promo Gramedia edisi Hollowread Spesial Halloween, loh! πŸπŸ¦‡ Hanya di periode Halloween aja, alias 1β€”31 Oktober 2024! Di promo Hollowread ini, kamu akan mendapatkan diskon 20% untuk buku-buku terbaik pilihan terbitan Gramedia.

Jangan pilih yang lain, promo spesial ini hanya akan kamu temukan di Gramedia.com. Kalau Grameds mau tahu buku-buku apa aja, klik banner di bawah ini ya~ Happy Spooktober dan selamat menjelajah ke-horor-an duniawi! ☠️

filmYuk Berburu Buku Horor di Sini!


Header: IMDb (Film Tebusan Dosa)

Penulis: Btari Najwa Naila


Btari Najwa Naila

Btari Najwa Naila

Content Writer Intern at Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter