Love Next Door: Childhood Friends to Lovers yang Bikin Senyum-Senyum!

Love Next Door: Childhood Friends to Lovers yang Bikin Senyum-Senyum!

Annyeonghaseyo, Grameds! πŸ‘‹

Pernah nggak, sih, kamu kepikiran kalau sebenarnya jodoh kamu itu ada di depan mata? Apalagi, kalau orangnya ternyata tinggal di rumah sebelahmu sekaligus anak dari temannya mama kamu? Dan lebih parahnya lagi, kalau kamu udah berteman sama dia bahkan dari kamu belum masuk sekolah? 😩

Nah, itu yang terjadi sama Our Jung-Jung Couple, Jung Hae In dan Jung So Min dalam K-Drama terbaru mereka, Love Next Door! Jadi pengin nyanyi, deh. Pacarku memang dekat, lima langkah dari rumah~ γ…‹γ…‹

Love Next Door atau μ—„λ§ˆμΉœκ΅¬μ•„λ“€ (Mom's Friend's Son) adalah K-Drama tvN 16 episode yang mulai tayang pada Agustus 2024 lalu. Drama dari saluran hiburan umum terkenal di Korea Selatan ini menggaet sejumlah aktor dan aktris yang memiliki akting ciamik, yaitu Jung Hae In dan Jung So Min sebagai pemeran utama dan first couple, Kim Ji Eun dan Yoon Ji On sebagai second/side couple, dan deretan aktor kompeten lainnya seperti Lee Seung Hyub, Jang Young Nam, Park Ji Young, Jo Han Chul, dan Lee Seung Joon.

Drakor romance-comedy ini ternyata juga digarap oleh penulis Shin Ha Eun dan sutradara Yoon Je Won yang sebelumnya sudah bekerja sama di dalam drakor populer Hometown Cha-Cha-Cha. Jadi sejak pertama kali diumumkan oleh tvN bahwa Love Next Door akan memulai proses reading dan shootingnya, banyak banget K-Drama lovers yang duduk manis menunggu.

Sampai saat ini, Love Next Door sudah sampai di episode 8 dan diperkirakan berakhir pada awal Oktober. Lantas, seperti apa, sih, dinamika hubungan childhood friends to lovers di drakor yang bikin senyum-senyum sendiri ini? Yuk simak sinopsisnya berikut ini! πŸ˜‰

Sekilas tentang Love Next Door

Bae Seok-ryu (Jung So Min) adalah wanita dengan sejumlah prestasi sejak sekolah dasar. Ia tidak pernah tidak mendapatkan ranking pertama, masuk kuliah di tempat yang bagus dan mendapat beasiswa penuh di Amerika Serikat, juga bekerja di perusahaan ternama dengan gaji yang tinggi. Namun, setelah 10 tahun tinggal di AS, Seok-ryu tiba-tiba keluar dari pekerjaannya dan kembali ke Korea.

Sesampainya di Korea, ia bertemu lagi dengan teman masa kecil yang juga merupakan anak dari teman ibunya, Choi Seung-hyo (Jung Hae In). Seung-hyo juga sama berprestasinya dengan Seok-ryu, yang membuat ibunya dan ibu Seok-ryu sering saling berdebat tentang prestasi anak mereka. Seunghyo adalah seorang arsitek yang menerima banyak penghargaan dan telah membangun kantor sendiri, yakni Atelier In.

Bae Seok-ryu dan Choi Seung-hyo telah bersama-sama sejak kecil, sejak Seung-hyo pertama kali datang dan pindah dari Perancis ke Korea. Banyak pengalaman pertama kali Seung-hyo yang disaksikan oleh Seok-ryu, begitu juga sebaliknya. Setelah sudah lama tidak bertemu, mereka bertemu lagi ketika sama-sama dewasa.

Lalu bagaimana kehidupan 30 tahun-an mereka? Bagaimana hubungan mereka setelah bertahun-tahun tidak bertemu? Apakah ada perasaan-perasaan lain yang muncul di antara mereka? Kamu bisa temukan jawabannya langsung di Netflix yang mengudara tiap Sabtu dan Minggu. πŸ“Ί

Childhood Friends to Lovers Trope: Laki-Laki dan Perempuan Gak Bisa Temenan?

Genre romance pada buku, film, ataupun drama adalah genre yang sangat digandrungi oleh semua orang dari berbagai usia. Di dalam genre romance, biasanya terbagi menjadi banyak jenis atau trope, di antaranya adalah enemies to lovers, second chance, fake relationship, serta yang paling populer, yakni childhood friends/friends to lovers. πŸ’

Childhood friends/friends to lovers adalah tema yang banyak disukai oleh penikmat film dan buku, terlebih anak-anak muda. Trope ini mengangkat tentang romansa dari dua orang yang tadinya berteman, biasanya dari kecil, dan akhirnya membangun sebuah hubungan romantis yang lebih dari teman ketika dewasa.

Tema childhood friends/friends to lovers ini diminati karena hubungan antara dua orang yang dinamis, yaitu ketika salah satu dari mereka atau mereka berdua tiba-tiba merasakan perasaan yang berbedaβ€”perasaan romantis yang lebih dari pertemanan; perasaaan ingin memilikiβ€”seiring berjalannya waktu. Tema ini juga biasanya mengundang perdebatan: apakah laki-laki dan perempuan bisa berteman tanpa melibatkan perasaan romantis? πŸ€”

Ya ... jawabannya kamu bisa cari tahu sendiri. Mungkin bisa dan mungkin tidak. Atau, kamu bisa cari jawabannya dengan menonton film dan membaca buku dengan tema ini. Nah, Gramin udah siapin rekomendasi buku-buku dengan tema childhood friends/friends to lovers yang bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri, nih! Cek di bawah ini ya, Grameds! πŸ‘‡

Rekomendasi Buku dengan Tema Childhood Friends/Friends to Lovers

1. It Starts with Us

loveBaca Cerita Selengkapnya!

It Start with Us karya Colleen Hoover akan membawa kamu pada perasaan tidak biasa ketika bertemu kembali dengan cinta pertama. Tentu saja, cinta pertama adalah pengalaman paling membekas dan berharga untuk sebagian orang.

Usai bercerai dengan suaminya, Lily tanpa sengaja bertemu kembali dengan Atlas, cinta pertamanya kala masih belia, setelah dua tahun tidak bertemu. Perjumpaannya dengan Atlas membuat Lily jadi mengingat kembali seluruh kenangan hangat dan menyenangkan di masa lalu, sehingga Lily langsung mengiyakan ajakan Atlas untuk mengajaknya menjalin hubungan. Dalam buku ini, Hoover sukses membawa pembacanya merasakan dinamika hubungan antara Lily, Atlas, dan mantan suaminya, Ryle.

2. Game Over

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Glendy Adijunior adalah seadanya. Jeara Nindya Sjah adalah seandainya. Di permainan ini, mereka mencari titik temunya.

Sukses dengan buku-buku bergenre romansa dengan berbagai tema, Valerie Patkar menampilkan trope childhood friends to lovers di novelnya kali ini. Penulis yang mengawali karier menjadi penulis dari Wattpad ini menuturkan bahwa Game Over punya banyak pesan dan kesan yang personal bagi dirinya sendiri, tentang bagaimana ia menerima dirinya sendiri dan orang-orang terdekatnya.

Game Over mempertontonkan perjalanan cinta dua karakter utamanya yang sangat bertolak belakang, Glendy yang tidak acuh dan Jeara yang terstruktur. Kamu akan menemukan banyak adegan-adegan gemes yang buat kamu memukul bantal dan ingin berteriak. Selain itu, buku ini juga mengandung banyak pesan-pesan yang dapat menjadi self-reminder bagi pembacanya.

3. Rapijali 3: Kembali

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Trilogi ternama milik Dee Lestari, Rapijali, sukses menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia. Bahkan, serial ini dilengkapi dengan Book Soundtrack yang berisi kumpulan lagu dari serial Rapijali dan dinyanyikan langsung oleh musisi-musisi Indonesia.

Pada Rapijali 3: Kembali ini, Dee menceritakan kembali masa-masa dewasa dari tokoh utamanya, Ping, dan kawan lamanya, Oding. Bagi kamu yang sudah mengikuti Rapijali dari buku pertamanya, buku ketiga ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaanmu. Bagi kamu yang belum membaca trilogi Rapijali dan suka dengan trope friends to lovers, yuk baca triloginya!

4. Shadow and Bone

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Kalau deretan rekomendasi yang tadi berfokus pada romansa, Shadow and Bone: Bayang dan Belulang memiliki sentuhan fantasi dan sihir pada romansa yang dibangun di dalamnya. Novel yang bercerita tentang peperangan di Ravka ini merupakan besutan penulis asal Amerika Serikat, Leigh Bardugo.

Shadow and Bone memperlihatkan percikan-percikan romansa dari dua karakter utama yang telah bersahabat sejak lama, Alina Starkov dan Mal Oretsev. Melalui novel ini, kamu akan mendapatkan euforia romansa sekaligus mengikuti petualangan seru Alina dan Mal menyelesaikan masalah bayangan selubung yang terjadi di sekitar selat kecil, hunian para monster.

5. Gendut? Siapa Takut!

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Kini Moza tak boleh lagi berkutat di dunia imajinasi, ia harus mulai merancang kisah cintanya sendiri. Menyambut cinta yang melampaui urusan fisik. Karena, kebaikan hatilah yang mengikat cinta untuk selamanya.

Mengangkat isu tentang standar kecantikan dan beauty privilege, karya Alnira yang berjudul Gendut? Siapa Takut! juga masuk ke jajaran buku romansa dengan trope childhood friends to lovers. Bercerita tentang Moza, seorang penulis yang memiliki tubuh gemuk, yang diberikan perhatian lebih secara tiba-tiba oleh laki-laki yang sangat ia benci sepanjang hidupnya, Nareswara.

Moza dan Nares adalah teman masa kecil. Namun, tanpa Moza ketahui, Nares ternyata menyimpan rasa suka diam-diam kepadanya. Buku yang terbit pada 2019 ini juga menyadarkan kita untuk mencintai diri kita sendiri sebagaimana seharusnya.

6. The Star and I

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Tema childhood friends to lovers selanjutnya datang dari penulis fiksi metropop terkenal, nih, Grameds! Yap, Ilana Tan, novelis Indonesia yang telah melahirkan sejumlah karya-karya yang mungkin sudah tidak asing di telingamu, seperti Winter in Tokyo, Autumn in Paris, Sunshine Becomes You, dan juga Spring in London.

The Star and I mengisahkan Olivia yang hidupnya sedang dihujani dengan masalah-masalah hidup yang turun deras secara bertubi-tubi. Di tengah segala keriuhan dan huru-hara hidupnya, ia mendadak berjumpa lagi dengan sahabat masa kecil sekaligus cinta pertamanya, Rex Rankin, yang menawarkan bantuan. Duh, udah kebayang, 'kan, akan seperti apa romansa mereka berdua?

7. As Always, I Love....

loveBaca Cerita Selengkapnya!

Tergabung dalam satu serial edisi City Lite, buku As Always I Love.... karya Nureesh Vhalega mengangkat permasalahan orang dewasa, yakni Lyrrani Bestari yang akan menikah. Lyrra kehilangan ayahnya, tunangannya sibuk dengan pekerjaannya, dan sosok yang hilang dari hidupnya empat belas tahun lalu tiba-tiba kembali lagi. Namun, Lyrra bersyukur karena punya Rayen, sahabatnya, yang selalu siap siaga membantu di segala situasi.

Buku ini akan mengajak kamu menyelam ke dalam hubungan Lyrra dan Rayen yang sering sekali berdalih dengan alasan, "kami cuma sahabat," ketika orang-orang sekitar meragukan persahabatan mereka.


Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Romance Lokal untuk Temani Februari Kamu


Nah, itu dia sinopsis dari Love Next Door. Seru banget kan, Grameds? Kira-kira, tema childhood friends to lovers ini "kamu banget", nggak? Atau kamu punya cerita yang sama seperti karakter-karakter dari drama dan buku-buku di atas? Atau ... kamu lagi berharap supaya hubungan childhood friends atau friends kamu dan dia bisa naik level ke hubungan lovers? πŸ˜†πŸ’­

Terus ikuti keseruan perjalanan cinta Jung So-Min dan Jung Hae-In di drama Love Next Door di Netflix! Kamu juga bisa temukan semua buku childhood friends/friends to lovers dan romansa lainnya di Gramedia.com. Semoga perjalanan cinta kamu berhasil, ya, Grameds! πŸ₯°

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header: Instagram @tvn_drama

Penulis: Btari Najwa Naila


Enter your email below to join our newsletter