Dongeng sebagai Media Kreatif Penumbuh Imajinasi Anak, Apa Penting?

Dongeng sebagai Media Kreatif Penumbuh Imajinasi Anak, Apa Penting?

Kamu mau anak-anak bertumbuh jadi anak yang kreatif dan komunikatif? Bacakan dongeng aja!

πŸ—£οΈ "Loh, memangnya bisa?"
Bisa banget, dong, Grameds! πŸ˜‰

Grameds, kebiasaan membaca dan dibacakan dongeng pada anak ternyata bisa menumbuhkan banyak menfaat untuk tumbuh kembang anak. Dongeng bukan sekadar hiburan semata, tetapi memiliki banyak manfaat penting untuk perkembangan anak, baik dari segi imajinasi, moral, bahasa, sosial, hingga emosional.


Melalui dongeng, anak-anak gak cuma mempelajari dunia, tetapi juga tentang diri mereka sendiri dan bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sebab dari dongeng, anak akan diperlihatkan bagaimana karakter-karakternya menyelesaikan masalah dengan cara yang sederhana tetapi bermakna, dan tentunya tetap menarik! 😻

Secara umum, dongeng gak terikat pada fakta sejarah atau kenyataan, tetapi diciptakan untuk menyampaikan nilai-nilai, menghibur, dan menstimulasi imajinasi. Cerita dalam dongeng biasanya melibatkan tokoh-tokoh yang luar biasa dan gak ada di dunia nyata, seperti binatang yang bisa berbicara, manusia dengan kekuatan super, pangeran, atau putri, peri, dan makhluk-makhluk imajinatif lainnya.

Apa Itu Dongeng? Definisi dan Ciri-Ciri Utamanya


Dongeng merupakan sebuah cerita fiksi, berbentuk seperti cerita rakyat atau cerita tradisional, yang disampaikan baik secara tulisan maupun lisan. Cerita-cerita dalam dongeng biasanya berfungsi sebagai sarana hiburan dan pembelajaran, terutama bagi anak-anak, dan selalu punya pesan moral yang dapat diambil sebagai pelajaran hidup.

Secara umum, sebenarnya dongeng mudah dikenali. Namun, dongeng juga memiliki beberapa ciri yang menjadi khasnya, seperti bersifat imajinatif, memiliki latar yang gak nyata atau biasa disebut 'negeri dongeng', karakter yang unik dan bersikap gak seperti biasa, cerita yang sederhana dan mengandung pesan moral, juga cenderung happy ending.

Tema yang sering diangkat dalam dongeng meliputi kebaikan versus kejahatan, keberanian, kecerdikan, dan pengorbanan. Yang akhirnya berlabuh pada satu kesimpulan yang sama, yakni punya pembelajaran hidup yang dapat diajarkan dan dipelajari oleh anak.

Pentingnya Membaca Dongeng untuk Perkembangan Anak


Sebagai media kreatif, dongeng punya banyak manfaat yang menjadi penting untuk perkembangan anak. Yang pertama adalah pengajaran nilai-nilai moral. Melalui dongeng, anak diajarkan berbagai nilai moral dengan cara yang mudah dipahami, seperti untuk nggak serakah, sabar, jujur, suka menolong, dan lain-lain.

Kemudian, dongeng juga membuat anak menjadi punya kemampuan komunikasi dan pengelolaan emosi yang baik. Ketika anak mendengarkan cerita dongeng, mereka akan terlibat secara emosional dengan karakter-karakter dalam cerita tersebut. Mereka belajar untuk merasakan empati, memahami perasaan orang lain, serta mengenali emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, dan ketakutan.

Dongeng juga merangsang kreativitas anak dan pengembangan bahasa. Dari cerita-cerita dongeng yang disusun dengan alur yang sedemikian rupa, anak jadi dapat berpikir secara kreatif dan mengenal banyak kosakata baru. Anak-anak yang sering mendengar atau membaca cerita cenderung akan memiliki kemampuan berbicara dan bercerita yang baik juga.


Baca juga: 4 Kegiatan untuk Menciptakan Quality Time bersama si Kecil



Nah, karena Grameds sudah tahu apa aja pentingnya membaca dongeng, Gramin mau kasih rekomendasi buku dongeng terbaik yang dilengkapi dengan ilustrasi dan mudah dibaca, nih! Bisa untuk jadi teman membaca anak, bisa juga untuk semua usia. Soalnya, 'kan, no one is too old for fairytales!πŸ˜…

Rekomendasi Buku Dongeng Penuh Ilustrasi untuk Jadi #TemanMembaca Anak

1. Snow White and Seven Dwarfs

rekomendasiDapatkan Bukunya Sekarang!

Mari kita buka dengan dongeng klasik yang pasti sudah diketahui oleh semua orang, Putri Salju dan 7 Kurcaci atau Snow White and Seven Dwarfs. Bercerita tentang seorang putri yang melarikan diri dari kerajaan dan tinggal bersama tujuh kurcaci di gubuk kecil. Dan ... memakan apel yang beracun! πŸ‘ΈπŸ»πŸŽβ˜ οΈ

Suatu ketika, Ratu bertanya kepada cermin ajaibnya, "Siapakah yang paling cantik di kerajaan ini?" Cermin itu menjawab, "Engkau lebih cantik dari semua yang ada di sini, Yang Mulia Ratu. Tapi, yang lebih cantik adalah Putri Salju." Ratu tidak terima jika ada yang lebih cantik dari dirinya sehingga dia ingin Putri Salju menghilang untuk selamanya.

Selanjutnya, apakah yang akan terjadi pada Putri Salju? Kamu yang akan telusuri jawabannya! Baca lebih lanjut di dalam dongeng Seri Billingual: Snow White and Seven Dwarfs!

2. The Little Mermaid

rekomendasiDapatkan Bukunya Sekarang!

Yang klasik dan legendaris juga, ini dia Legenda Putri Duyung Kecil atau The Little Mermaid! Gadis kecil berambut merah yang tinggal di dasar lautan dengan cerita cintanya dan suara indahnya! πŸ§œπŸ»β€β™€οΈπŸŽ΅

Saat Putri Duyung Kecil berenang di atas permukaan laut, seorang pangeran jatuh tenggelam. Setelah berhasil menyelamatkannya, dia pun jatuh cinta pada sang Pangeran. Begitu juga sang Pangeran, yang jatuh hati pada suara Putri Duyung Kecil saat bernyanyi.

Apakah Putri Duyung Kecil dan Pangeran bisa hidup bersama? Hmm.. sepertinya sulit, tetapi bagaimana kisahnya? Lihat kelanjutannya di dongeng Β The Little Mermaid, Grameds!

3. Bambi

rekomendasiDapatkan Bukunya Sekarang!

Kalau yang satu ini, kamu sudah pernah dengar belum, Grameds? Pertama kali diperkenalkan ke dunia pada 1942, Bambi merupakan film animasi dari Amerika Serikat yang berkisah tentang seekor rusa. Di dalam buku dongeng yang satu ini, kamu akan diajak berjalan-jalan ke hutan dan bertualang bersama Bambi! 🦌🌳

Bambi, seekor rusa kecil yang selalu penasaran dengan sekelilingnya. Bambi hidup bahagia dan tenteram di dalam hutan. Namun, suatu ketika terjadi malapetaka yang membuat kehidupan di hutan tidak sama lagi.

Apakah Bambi mampu melewatinya dan bisa berbahagia lagi? Yuk, ikuti perjalanan Bambi si rusa kecil menyelesaikan masalah dalam hidupnya dalam dongeng Bambi!

4. Rapunzel

rekomendasiDapatkan Bukunya Sekarang!

Salah satu putri yang punya keunikan paling khas yang tidak dimiliki oleh putri-putrinya, yaitu punya rambut yang panjaaang banget sekaligus berwarna keemasan. Siapa lagi kalau bukan Rapunzel? Grameds pasti sudah tahu cerita putri yang 'diculik' oleh ibu (penyihir) satu ini, 'kan? πŸ‘ΈπŸΌπŸ°

Terjebak di puncak menara tinggi, setiap hari Rapunzel mengibaskan rambut emasnya yang sangat panjang agar sang penyihir bisa memanjatnya. Sampai suatu hari ada seorang asing yang memanjatnya, yang ternyata seorang pangeran. Rapunzel dan pangeran berencana untuk melarikan diri. Β 

Apakah mereka bisa berhasil pergi dari menara yang menyesakkan itu? Telusuri petualangan Rapunzel untuk kabur dari penyihir sekarang!

5. Story of The Stolen Homes

rekomendasiDapatkan Bukunya Sekarang!

Grameds, kamu pasti sudah tahu dengan isu menyedihkan yang terjadi di Palestina? Buku yang satu ini bercerita tentang perjalanan ke negeri Palestina. Sepasang saudara kembar, Eldar dan Elnur, bersama orangtua dan sepupu mereka, Kama, menjelajahi pameran yang sangat spesial di Paris.

Pameran berjudul Story of the Stolen Homes (Kisah Rumah-Rumah yang Dirampas) itu menampilkan Palestina dengan cara yang unik. Mereka ditemani seorang pemandu cilik bernama Reem, yang mengisahkan banyak hal dan memberikan mereka pemahaman baru. πŸ‰πŸ•Œ

Apa saja yang mereka temui dan pelajari di sana? Mari kita jelajahi bersama!


Baca juga: Rekomendasi Buku Fabel Anak, Merayakan Hari Hewan Sedunia!


Melalui dongeng, anak-anak dapat belajar tentang kehidupan, pilihan, dan konsekuensi, sekaligus menikmati keindahan dunia imajinatif yang penuh warna! πŸ§šπŸ»β€β™€οΈ

Nah, buku-buku dongeng bisa kamu jumpai dengan mudah, hanya di Gramedia.com si satu-satunya! πŸ˜† Bukan cuma dapat kamu jumpa, tetapi juga diskon sampai 20% dan promo menarik lainnya untuk buku-buku terbaik pilihan!

Bersama #TemanMembaca, pengalaman membacamu akan menjadi lebih menarik! Mau tau lebih lanjut? Klik gambar di bawah ini ya, Grameds! Sini, ditemenin membaca sama #TemanMembaca! πŸ“–

rekomendasiJangan Sampai Ketinggalan Promo #TemanMembaca!


Header: pexels.com

Penulis: Btari Najwa Naila


Btari Najwa Naila

Btari Najwa Naila

Content Writer Intern at Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter