Rekomendasi Novel yang Diangkat dari AU Twitter (X) Terbaru 2024

Rekomendasi Novel yang Diangkat dari AU Twitter (X) Terbaru 2024

Grameds, kamu termasuk salah satu pembaca AU, bukan? โ“

Di zaman sekarang ini yang serba digital dan apa-apa di media sosial, siapa sih yang gak familiar dengan istilah AU? Tren tulisan AU atau Alternative Universe, yang disebut juga sebagai Fan Fiction (fiksi penggemar), sudah ada sejak lama, tetapi jadi booming lagi setelah pandemi kemarin.

Alternative Universe atau AU adalah sebuah latar/setting dari cerita fan fiction (fiksi penggemar) yang memungkinkan penulis menciptakan dunia fiksi/universe yang berbeda dari dunia nyata sang idola. Biasanya, penulis AU menggunakan idola-idola mereka sebagai pemeran dan karakter utama, seperti artis K-Pop, artis Thailand, atau mungkin karakter-karakter dari sebuah cerita yang sudah ada sebelumnya (misal Harry Potter, drakor, dll).

Mengikuti perkembangan zaman dan dunia digital yang sudah merambah ke segala jenis media sosial, tulisan-tulisan AU juga memiliki tren perkembangannya sendiri. Ada yang bisa diakses melalui aplikasi menulis dan membaca seperti Wattpad, dan ada juga yang bisa dibaca di media sosial kesayanganmu. Hasil dari tulisan AU yang dibaca oleh banyak orang pun kemudian diangkat menjadi novel fisik dan e-book yang lebih nyaman untuk dibaca.

Media sosial menjadi tempat membaca AU karena kemudahan aksesnya. Selain itu, beragam pula medsos yang dipakai oleh penulis untuk mengunggah AU-nya. Ada yang di Instagram, TikTok, dan yang mau Gramin bahas kali ini, Twitter atau X. Buat kamu yang ingin bacaan novel ringan nan menggemaskan dari AU Twitter, nih Gramin udah buatin list-nya. Novel-novel adaptasi dari AU Twitter yang di bawah ini juga merupakan buku-buku terbitan baru di akhir 2023 dan di 2024, loh! Jangan lupa dicatat dan dimasukin ke TBR (to be read) kamu, ya, Grameds! ๐Ÿ˜„

1. Dreamcatcher

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Hanya karena orang tuaku bertemu layaknya sebuah adegan di dalam novel lalu berakhir dengan keduanya menjadi cinta pertama masing-masing, tidak berarti aku juga harus seperti itu. Ya, kan? Karena, berkebalikan dengan fakta itu, nyatanya aku, selama dua puluh enam tahun di dunia, belum pernah benar-benar jatuh cinta.

Mengusung tema metropop dan romansa antara orang dewasa, Nabilla Rutami menghadirkan dua karakter bertolak belakang dalam novel Dreamcatcher, Tresa dan Ila. Tresa merupakan tipikal laki-laki yang sering kamu jumpai di cerita-cerita fiksi; kaku, dingin, dan gak banyak omong. Sedangkan Ila adalah perempuan sejuta energi positif, ceria, dan talkative. Mereka berdua ini adalah sahabat dari kecil.

Disusun dengan narasi yang cantik, tulisan AU karya Nabilla Rutami ini sangat disenangi banyak pembacanya. Di dalam buku ini, kamu akan disuguhkan dengan naik-turunnya hubungan Tresa dan Ila, yang tadinya sahabat, kemudian jadi pasangan, dan berpisah. Dan ... apakah balikan lagi? ๐Ÿค” Selengkapnya langsung baca di novel Dreamcatcher, ya, Grameds!

2. Take a Chance with Me

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Diliat dari judulnya, Gramin langsung ingin nyanyi lagunya NIKI yang berjudul sama, deh, Grameds. Oh why cant we for once, say what we want, say what we feel? Take a chance with me~ #GalauKecil ๐Ÿ˜ž

Baru terbit bulan lalu, buku Take a Chance with Me bakal jadi bacaan yang fresh nih banget buat kamu! Ternyata, Adin Anastasya sebagai penulis mengaku bahwa memang buku ini terinspirasi dari lagu NIKI yang Gramin nyanyikan di atas tadi. Selain 'fresh from the oven' karena baru terbit, Take a Chance with Me juga menyajikan cerita yang menarik dan seru!

Bercerita tentang Jena yang ngefans banget sama member dari salah satu band ternama Indonesia, The Midnight Blues, yaitu Ares. The Midnight Blues merupakan band beranggotakan empat orang dan baru comeback setelah sekian lama. Setelah Jena berhasil memenangkan giveaway tiket konser yang diselenggarakan oleh Iqbaal Ramadhan dua minggu lalu, kini Jena berhasil berdiri di antara orang-orang yang sudah sangat merindukan kembalinya The Midnight Blues ke panggung musik tanah air. Kira-kira, Jena bisa nggak, ya, di-notice sama artis favoritnya, Ares?

3. Midnight in December

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Grameds, kamu udah pernah LDR-an belum sama pasangan? Kalau udah pernah, gimana rasanya? Pasti susah, 'kan? โ˜น๏ธ

Nah, tantangan yang sama ini juga dialami oleh sepasang kekasih di dalam buku ini, Kalisa dan Malik. Beradaptasi dengan sesuatu yang baru memang menjadi kesulitan dalam suatu hubungan. Banyaknya perbedaan yang tumbuh di hubungan Kalisa dan Malik, kadang membuat keduanya kesulitan memahami satu sama lain. Apalagi, ketika mereka dipaksa oleh semesta untuk saling beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Namun, di tengah keriuhan dan masalah yang hadir dalam hubungan LDR (long distance relationship) Kalisa dengan Malik, Kalisa bertemu dengan sesosok laki-laki tulus yang menjadi rekan siarannya di radio kampus, yakni Bareska. Kehadiran Bareska bak sinar mentari di tengah gelapnya hidup Kalisa. Melalui Midnight in December karya Kith, kita bisa menyaksikan langsung kehidupan dan hubungan yang rumit antara Kalisa, Malik, dan Bareska.

4. May I Have a Perfect Yellow Like You?

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Siapa di sini yang setuju kalau cover novel ini gemes total? ๐Ÿ˜†

Gak cuma cover-nya aja yang gemes, tapi cerita cinta Ethan dan Kalila di May I Have a Perfect Yellow Like You? juga dikemas dengan gemes! Mendapat likes lebih dari 23 ribu di thread Twitter (X), AU dengan pemeran Heesung Enhypen ini akhirnya 'dipinang' menjadi novel dan telah terbit pada bulan April 2024 lalu.

Tidak pernah terbayangkan oleh Ethaniel Vanjiro, jika suatu hari nanti, dia akan menyukai sosok perempuan manis yang baru saja menginjak tahun pertamanya di masa-masa putih abu-abu, Kalila Gemini Jemima. Ethan selalu berdalih dan menganggap kalau Kalila hanyalah sebatas adik kecil, tidak mungkin ada perasaan yang lebih. Tapi, kalau hati sudah berbicaraโ€ฆ siapa yang mampu menolaknya?

Bagi Grameds yang ingin senyam-senyum sendiri, buku Ody ini adalah pilihan yang tepat banget untuk kamu. Kita akan dibawa kembali dengan suasana senang dan bahagia menjadi siswa SMA, sekaligus hubungan cinlok antara kakak dan adik kelas yang menggemaskan satu ini!

5. We Shouldn't Be Like This

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Thank you for making it feel like we were together, even though we weren't.

Kalau tadi May I Have a Perfect Yellow Like You? mengambil latar tempat di SMA, novel adaptasi AU yang satu ini mengangkat latar di perkuliahan. Yaa, kisah kasih di kampus lah, yaa. We Shouldn't Be Like This yang ditulis oleh Aqiela menampilkan romansa antara dua manusia yang berada di jurusan, fakultas, dan universitas yang sama di Semarang.

"Gue ada," seolah-olah jadi magic word di novel ini. Kalimat yang selalu dikatakan oleh Dwiki kepada Ghyani. Dwiki ada di stadion FISIP, meminjamkan udeng untuk Ghyani. Dwiki ada di kelompok yang sama dengan Ghyani. Dwiki ada di kelas yang sama, belajar Pengantar Ilmu Komunikasi dan berorganisasi. Dwiki ada di belakang kampus FISIP menawarkan Ghyani pulang bareng. Dwiki selalu ada untuk Ghyani. Akan tetapi, sampai kapan? Dan ... apa hubungan mereka? Teman? Atau ...?

6. 3726 MDPL

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Viral dan diperbincangkan di mana-mana, itu adalah kalimat yang dapat mendeskripsikan novel yang baru terbit seminggu lalu ini, 3726 MDPL karya Nurwina Sari. Terbit pada 12 September kemarin, novel ini mendapatkan perhatian yang banyak dari pembacanya di berbagai media sosial, seperti di FYP TikTok, di explore Instagram, dan di post Twitter (X). Quote dari 3726 MDPL yang berikut ini pun, menurut Gramin sih sepertinya sudah tersebar ke mana-mana karena viralnya buku ini.

Di bumi, selalu ada seseorang yang hanya bisa dikagumi tapi tidak bisa dimiliki.

Bercerita tentang Rangga, ketua Ospek Fakultas Kehutanan, yang mengagumi Andini, adik tingkatnya yang bercita-cita bisa mendaki Gunung Rinjani. Andini dikelilingi oleh banyak cinta, banyak manusia yang ingin dengannya, terutama Rangga dengan seluruh kesan istimewanya. Namun, dalam dirinya, ada manusia dulu yang entah masih jadi pemenang atau definisi lain dari itu.

7. Jiro

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

Kembali lagi dengan asyik-asyiknya masa putih abu-abu, novel karangan Loka Hati yang berjudul Jiro ini siap menemani hari-hari senggang kamu. Kita diajak untuk ikut perjalanan Jiro dalam mewujudkan keinginan-keinginanya: jago masak, masuk kedokteran, dan jadi master of flirting! ๐Ÿซ  Keinginannya yang ketiga cukup sulit untuk diwujudkan karena Jiro tidak pernah dekat dengan gadis mana pun.

Namun, Leon, si Master of Love sekaligus sahabat kecilnya, ternyata sudah menyiapkan sebuah buku tentang bagaimana cara untuk mendapatkan kekasih. Buku itu adalah buku yang dipegang Jiro, yang bisa kamu lihat di cover. How to Romance 101. Yuk, ikuti perjalanannya Jiro mencari cinta di buku ini! Siapa tahu, Grameds jadi dapat tips dan trik untuk memenangkan hati gebetan!

8. Iyan (Bukan) Anak Tengah

rekomendasiBeli Novelnya Sekarang!

"Bunda sayang adik?" tanya Danan kemudian. Wena terdiam, hatinya sama sekali tidak ingin menjawab pertanyaan Danan. Perasaan sayang kepada anak yang sedang ia kandung belum tumbuh sedikitpun bahkan sejak hari di mana Wena sudah mulai menerima kehidupannya yang baru. Kehadiran adik yang selalu Danan dambakan ini merupakan sebuah kesulitan bagi Wena.

Berbeda dari beberapa rekomendasi sebelumnya, novel AU satu ini mengangkat tema keluarga dan menjelajahi perasaan Riyan, karakter utamanya, sebagai anak yang tidak diinginkan orang tuanya. Riyan yang akrab dipanggil Iyan adalah anak tengah, tetapi tidak mendapatkan kasih sayang yang sama selayaknya abang dan adiknya. Perlakuan tidak adil serta ketidakpedulian orang tuanya terhadap Riyan membuatnya tumbuh menjadi sosok remaja yang tidak pandai bersosialisasi dan tidak memiliki teman.

Iyan (Bukan) Anak Tengah milik Armaraher akan membuka mata kamu tentang sudut pandang anak tengah, sekaligus masuk ke dalam perasaan-perasaan Iyan yang butuh untuk dimengerti.


Baca juga: Rekomendasi E-Book Best Seller di Gramedia Digital Bulan Agustus 2024


Gimana, Grameds? Dari rekomendasi buku-buku yang udah Gramin kasih, ada yang menarik perhatianmu gak, nih? Kira-kira, kamu tertarik ke cerita romansa anak SMA, kisah kasih di kuliah, metropop, atau cerita tentang keluarga? Hmm, menurut Gramin, sih, semuanya bagus-bagus! Sesuai selera dan preferensi kamu ajaa.

Eitss, tapi jangan sampai lupa! Tentunya, buku-buku yang tadi bisa Grameds temukan hanya di Gramedia.com, tempat belanja buku paling murah dengan sederet promo dan diskon menarik tiap harinya! Belanja buku murah dengan harga terbaik, ya, cuma di Gramedia! ๐Ÿ˜‰๐Ÿค

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header: freepik.com

Penulis: Btari Najwa Naila


Enter your email below to join our newsletter