Rekomendasi Series Indonesia di Viu, Ada yang Akan Segera Tayang!

Grameds, kamu suka nonton series, nggak? Kalau iya, apa series kesukaan kamu? 🤔

Berbicara soal series atau serial, acapkali orang-orang menyebutkan serial luar negeri sebagai favorit mereka, seperti Jepang, Korea, Barat, Cina, Thailand, dan lain-lain. Padahal, Indonesia juga punya banyak karya berbentuk serial yang gak kalah keren dari negara-negara lain, loh!

Apalagi sekarang, zamannya sudah beralih ke platform streaming online yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja melalui handphone, laptop, atau yang lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, platform streaming online di Indonesia telah tumbuh pesat. Dengan akses internet yang semakin mudah dan peningkatan jumlah pengguna smartphone, banyak orang beralih dari menonton televisi konvensional ke platform digital untuk mendapatkan hiburan.

Salah satu platform yang sangat populer di Indonesia adalah Viu, yang dikenal dengan penawaran konten Asia, termasuk drama Korea, tetapi juga memiliki katalog serial Indonesia. 🤩

Viu adalah layanan streaming video on-demand yang diluncurkan oleh PCCW Media, sebuah perusahaan asal Hong Kong, pada Oktober 2015. Platform ini dirancang untuk memberikan konten video premium, termasuk drama, film, dan acara televisi dari berbagai negara, dengan fokus utama pada produksi dari Asia.

Nah, Grameds, di Viu ini tersedia banyaak banget serial Indonesia yang bagus-bagus dengan beragam genre, beberapa di antaranya sudah Gramin rangkum dalam daftar di bawah ini. Kamu yang lagi cari tontonan lokal untuk bersantai di weekend mendatang, sini lihat sampai habis!

Rekomendasi Serial Indonesia yang Tayang di Viu

1. Progressnya Berapa Persen?

Sumber: Pinterest

Seri Progresnya Berapa Persen? mengisahkan April telah bekerja di sebuah perusahaan konsultan konstruksi selama setahun. Dia menyukai suasana yang sulit ditemukan di kebanyakan lingkungan kerja. Namun selalu ada harga yang harus dibayar: tenggat waktu yang tiba-tiba, pendelegasian tugas tanpa instruksi detail dan puluhan tender yang harus diikuti dalam waktu dekat. Dan yang paling dia benci adalah pertanyaan dari atasannya, Dewangga, yang menanyakan, “Bagaimana Perkembangannya?”

Pertengkaran tanpa akhir, kesalahpahaman tanpa akhir muncul seiring dengan hubungan mereka yang “ganas” tetapi lucu antara bos dan karyawan. Tepat ketika cinta mulai berkobar, mantan April tiba-tiba muncul dan putri cantik pemilik perusahaan kembali dari luar negeri. “Bagaimana Progresnya?” secara bertahap berhenti dan April diam-diam merindukan pertanyaan ini.

Serial bergenre drama komedi ini dibarengi dengan akting yang mengagumkan dari kedua pemeran utamanya, yakni Michelle Ziudith dan Omar Daniel. Tayang pertama kali pada 2023, Progresnya Berapa Persen? mengangkat cerita tentang hubungan benci jadi cinta antara bos dan karyawannya.

Enemies to lovers trope, nih, kamu salah satu penggemarnya bukan?

Beli Versi Bukunya di Sini!

2. Marriage with Benefits

Sumber: Pinterest

Marriage with Benefits merupakan serial persembahan Viu Original yang tayang di Viu pada bulan Mei 2023. Serial romance-comedy ini menampilkan kombinasi tidak terduga tetapi menyenangkan untuk ditonton, yakni antara Jessica Mila dan Abimana Aryasatya.

Bercerita tentang Gea, seorang makeup artist dan costume designer yang orang tuanya baru saja bercerai baru saja dicampakkan oleh tunangannya. Gea harus mengubur mimpinya di Broadway dan kembali ke Indonesia untuk bekerja di sebuah stasiun TV.

Di stasiun TV, ia bertemu dengan Aksan, pembawa berita riuh yang berusaha menutupi skandal hubungannya dengan Sonya, istri politisi terkenal. Saat media mulai menangkap berita ini, Aksan terpaksa mengumumkan bahwa Gea adalah calon istrinya, berjanji akan membantu membangun kembali kehidupan Gea.

Namun menikah dengan iming-iming kelebihan masing-masing membuat mereka jatuh cinta meski memiliki banyak keraguan. Kira-kira, bagaimana perjalanan Gea bersama Aksan? Tonton selengkapnya di Viu!

Beli Versi Bukunya di Sini!

3. Pretty Little Liars

Sumber: Pinterest

Familiar dengan judulnya? Yap! Sama seperti serial berjudul sama dari HBO, Indonesia juga punya Pretty Little Liars dengan teka-teki dan dramanya. Serial ini dibintangi oleh 5 tokoh utama, yakni Yuki Kato, Anya Geraldine, Valarie Thomas, Shindy Huang, dan Eyka Farhana.Siapa yang pernah nonton versi aslinya? 🌹

Alissa, Aria, Ema, Sabrina, dan Hanna merupakan sahabat yang selalu menjadi pusat perhatian di Amerta, Bali. Di hari kelulusan SMA, mereka memutuskan untuk merayakannya dengan pesta kecil-kecilan. Di pesta perpisahan itu, mereka saling berbagi rahasia dengan permainan yang diusulkan Alissa (diperankan oleh Yuki Kato). Pada malam yang sama, mereka terbangun karena teriakan Alissa yang tiba-tiba menghilang. Sejak kehilangan Alissa, persahabatan mereka hancur.

Setahun setelah kejadian hilangnya Alissa, mereka berempat mulai sering bertemu karena berkuliah di kampus yang sama. Namun karena kasus yang belum terungkap tersebut, susah untuk membangun persahabatan mereka kembali. Berharap hidup tenang tanpa memikirkan masa lalu, tidak disangka mereka mulai mendapat pesan-pesan dari seseorang yang memberi inisial dirinya ‘A’.

Anehnya, pesan-pesan tersebut berisi berbagai rahasia yang mereka miliki dan hanya diketahui Alissa. Apakah ‘A’ benar merupakan Alissa yang telah hilang tanpa jejak selama setahun?

Beli Versi Bukunya di Sini!

4. Alpha Girls

Sumber: Pinterest

Apa jadinya kalau harus bersaing sama saudara sendiri? Eh- maksudnya, saudara tiri. Soalnya papa menikah lagi! Apa yang terjadi jika dua anak dari dua istri berbeda harus bersaing?

Memiliki premis yang menarik, Alpha Girls mengisahkan tentang persaingan sengit antara dua saudara yaitu Ivy dan Sierra. Ketika ayah mereka, Alpha, memanggil mereka pulang ke Indonesia, Sierra dan Ivy, dua saudara perempuan dari ibu yang berbeda, menyadari siapa yang dapat menghidupkan kembali perusahaan Alpha yang sedang merosot dan akan menggantikannya sebagai pemimpin.

Sesuatu yang tidak hanya diinginkan oleh Sierra dan Ivy, tetapi juga ibu mereka masing-masing, yang merupakan istri pertama dan kedua Alpha, dua wanita ambisius yang tidak pernah bisa akur, dan yang membesarkan dua gadis ambisius mereka sendiri. Biarkan pertempuran dimulai!

Serial ini pertama kali dirilis pertama kali pada Juli 2024, alias masih fresh banget karena di tahun ini! Yang suka drama-drama kocak dan bikin ketawa, Alpha Girls cocok banget kamu tonton!

Beli Versi Bukunya di Sini!

5. Bidadari Bermata Bening

Sumber: Pinterest

Hayo, siapa yang tahu judulnya terinspirasi dari mana? Serial ini merupakan adaptasi berdasarkan novel terlaris nasional oleh salah satu penulis terbesar dan paling terkenal di Indonesia, Habiburahman El Shirazy, yang terkenal dengan buku Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih.

Bidadari Bermata Bening mengisahkan tentang seorang remaja muda cantik yang harus memilih cinta dalam hidupnya ketika tiga pelamar berbeda bersaing untuk mendapatkan hatinya. Ayna (diperankan oleh Zoe Abbas Jackson) pertama kali diperkenalkan kepada Gus Afif (diperankan oleh Ari Irham), dan pertemuan pertama itu mampu membuat hati keduanya bergetar.

Namun, Ayna harus menghadapi dua laki-laki lainnya yang juga datang untuk melamarnya. Ayna harus dihadapkan dengan tiga orang laki-laki dengan kepribadian dan latar belakang yang berbeda. Tentunya hal ini menjadi pilihan yang sulit mengingat dia harus dengan bijak menerima lamaran salah satu dari ketiga laki-laki tersebut. Nampaknya Ayna sudah memilih, tetapi kemudian dia harus terus berdoa agar mengetahui sebenarnya pilihan mana yang tepat.

Beli Versi Bukunya di Sini!

6. Assalamualaikum Calon Imam

Sumber: Viu.com

Assalamualaikum Calon Imam merupakan drama Viu Original Series yang diadaptasi dari film Indonesia dengan judul yang sama. Meskipun begitu, Viu Original Series ini memiliki cerita yang baru dan tentunya berbeda. Masalah yang timbul berupa permasalahan keluarga, cinta segitiga, dan lainnya.

Bercerita tentang Nafisya, gadis 20 tahun yang memiliki banyak permasalahan hidup terkait perceraian orang tuanya sehingga membuatnya tidak percaya dengan gagasan ‘pernikahan’. Fisya patah hati ketika sahabatnya, Jidan, menyatakan niatnya untuk melamar kakak perempuannya, Salsya. Seorang saudari yang penuh kasih dan setia, Fisya melakukan yang terbaik untuk mengabaikan perasaannya dengan menyibukkan diri pada studi farmasi yang diambilnya.

Kemudian ia bertemu Dr. Alif Syaibani, guru pengganti baru yang tampan namun angkuh di kampus. Alif tampaknya berusaha keras untuk membuat hidup lebih sulit bagi Fisya, padahal sebenarnya baginya gadis muda yang tomboy dan mandiri ini mulai mencuri hatinya.

Sementara itu, Fisya menemukan ayahnya berada di rumah sakit dengan kondisi kritis. Berdamai dengannya, ia mengetahui bahwa keinginan terakhirnya adalah menyerahkan Fisya ke tangan imam (suami) sebelum ia meninggal. Selain kesedihan, Fisya menerima proposal dadakan dari Alif dan kisah cinta mereka yang tidak biasa dimulai. Sementara itu, Jidan mengetahui pertunangan Fisya dan mulai bertanya-tanya apakah dia melakukan kesalahan?

Beli Versi Bukunya di Sini!

7. Aku Tak Membenci Hujan

View this post on Instagram

A post shared by Viu Indonesia (@viuindonesia)

Nah, ini dia yang baru akan tayang di akhir tahun mendatang, Aku Tak Membenci Hujan!

Aku Tak Membenci Hujan menceritakan tentang Launa, gadis cantik nan ceria, yang jatuh hati pada Karang yang ternyata memiliki kepribadian ganda. Namun, lelaki malang itu ingin membunuh sosok Karang yang ada dalam dirinya. Karang lebih memilih menjadi Banu, anak kecil atau Agha, remaja yang durhaka dan suka memberontak.

Launa berusaha agar Karang kembali pada jati dirinya. Namun hati lelaki itu terlalu sakit untuk menjadi Karang yang penuh trauma, lahir dari kesalahan, dibenci tanpa alasan, dan dianggap tak berharga oleh ibunya, membuat Karang Samudra Daneswara hidup dalam duka. Akankah Launa mendapatkan cinta Karang yang selama ini tak pernah menginginkan apa pun dalam hidupnya kecuali pelukan dari Andira, ibu kandungnya?

Aku Tak Membenci Hujan bisa kamu tonton di Viu nanti pada Desember 2024. Buat Grameds yang pencinta novel mungkin sudah tidak asing lagi dengan judul yang satu ini, karena cerita ini merupakan sebuah adaptasi dari novel Wattpad populer berjudul sama karya dari Sri Puji Hartini.

Beli Versi Bukunya di Sini!


Baca juga: Sekotengs, Serial Adaptasi Webtoon yang Bertabur Visual


Mari kita terus mendukung serial-serial Indonesia untuk tetap berkarya dan bersaing dengan serial luar negeri, Grameds! Kalau bukan kita yang mendukung, siapa lagi? Kalau mau sama-sama maju, jangan mengkritik, "serial Indonesia jelek banget," dan lain-lainnya, tetapi sampaikan juga kritik yang membangun supaya industri perfilman dan serial kita menjadi lebih baik. 🤗

Karya-karya dalam negeri harus didukung bersama. Sama seperti film dan serial, buku juga memerlukan perhatian. Kamu bisa mendapatkan buku-buku terbaik pilihan hanya di Gramedia.com. Bersama, yuk kita wujudkan karya-karya Indonesia supaya makin mendunia! 🚀

Temukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header: Pinterest
Referensi: Viu.com

Penulis: Btari Najwa Naila