in

Begini Cara Mengungkapkan Perasaan Kepada Gebetan!

sumber: pexels

Grameds cara mengungkapkan perasaan setiap orang berbeda-beda  Ada yang mengungkapkan secara langsung ada juga yang mengungkapkan melalui chat atau telepon agar tidak bertatap muka langsung. Memang menyatakan perasaan termasuk hal yang berat dilakukan, karena kita tidak pernah tau apa respon atau tanggapan dari orang yang kita tuju.

Mengungkapkan perasaan sangat penting untuk kelegaan hati, alih-alih memendamnya sendiri lebih baik kamu mengungkapkan apa isi hati kamu. Mengenai respon dan tanggapan lawan bicaramu itu adalah hal yang tidak dapat kamu kontrol. Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Psychotherapy Practice and Research, memendam perasaan tanpa mengungkapkannya dapat menyebabkan imunitas melemah, meningkatkan stres hingga kemungkinan depresi. Jadi lebih baik kamu mengungkapkan perasaanmu daripada harus memendamnya.

Mungkin grameds sedang bingung cara terbaik mengungkapkan perasaan harus bagaimana, nah berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengungkapkan perasaan kamu agar lebih siap dan tepat.

Cara Menyiapkan Diri Ketika Mengungkapkan Perasaan

sumber: pexels

Grameds sebelum kamu mengungkapkan perasaan, tentu kamu harus mempersiapkan diri agar tidak meninggalkan moment, rasa grogi dan tidak percaya diri terkadang menyelimuti dan membuat kamu tidak terlihat serius. Nah berikut ini beberapa tips cara menyiapkan diri ketika mengungkapkan perasaan.

1. Atur Pernapasan

Grameds, rasa gugup bisa membuat stres datang dan faktor ini yang akan membuat kamu lupa dengan kalimat yang sudah kamu rangkai sedemikian rupa untuk mengungkapkan perasaan. Jika kamu tiba-tiba gugup atau tidak siap maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pernapasan. Kamu bisa menarik napas dalam dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan lewat mulut. Ulangi dan atur pernapasan hingga kamu merasa lebih baik dan tenang.

2. Coba Berpikir Positif

Grameds pikiran negatif bisa saja muncul ketika kamu ingin mengungkapkan perasaan. Pikiran negatif ini berasal dari rasa tidak percaya diri yang ada didalam dirimu. Pikiran negatif sering kal berupa “sepertinya saya akan ditolak”, “sepertinya dia tidak memiliki perasaan yang sama seperti saya”, “bagaimana jika dia tidak suka sama saya”. Terkadang pikiran negatif ini bisa membuat kamu semakin down dan bahkan membuat kamu mengurungkan niat untuk menyatakan perasaan.

Nah pikiran negatif ini harus kamu sangkal dengan kalimat motivasi dan pikiran yang positif. Contohnya seperti “lebih baik saya mencoba daripada tidak sama sekali”, “saya harus bisa menerima semua jawaban yang terjadi”.

Kalimat motivasi ini sebenarnya terlihat sederhana namun cara ini bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri dan mengurangi kegugupan. Jika kamu tenang dan percaya diri maka kamu bisa mengungkapkan perasaan dengan baik.

3. Latihan Mengungkapkan Perasaan

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengungkapkan perasaan kepada orang lain. Untuk orang yang tidak pernah atau jarang mengungkapkan langsung maka diperlukan latihan untuk mengungkapkan perasaan sehingga meski merasa gugup namun tetap bisa menyelesaikan pembicaraan.

Bagi kamu yang tidak bisa mengungkapkan perasaan secara langsung kamu bisa latihan layaknya sedang interview kerja. Kamu bisa berbicara di depan cermin sambil merangkai kata dan ekspresi yang ingin kamu tunjukkan kepada orang tersebut. Kamu juga perlu latihan untuk bridging sebelum menyatakan perasaan agar suasana menjadi mencair dan tidak tegang.

4. Memilih Waktu Yang Tepat

Grameds, waktu adalah hal yang terpenting dalam menyatakan perasaan. Kamu harus memilih waktu yang tepat, jangan sampai ketika kamu mengungkapkan perasaan lawan bicara kamu sedang tidak memiliki mood yang bagus dan perasaan yang baik. Jika dia memiliki suasana hati yang buruk maka akan ada kemungkinan terburuk kamu akan ditolak karena dia tidak dapat memahami apa yang kamu ungkapkan dengan baik. Jadi kamu harus bisa membaca situasi dan mood yang sedang lawan bicara kamu rasakan.

Belajar Sains Sulit dan Membosankan? Kamu Bisa Belajar Sains dengan Seru dan Menyenangkan Disini!

5. Memberikan Perhatian Kecil

perhatian kecil ini kerap kali menjadi penilaian oleh lawan bicara kamu. Dengan perhatian kecil yang sudah kamu tanamkan sebenarnya calon pasangan kamu akan paham dan mengetahui gerak gerik yang menjadi niat kamu. Kamu bisa membuat perhatian kecil seperti menawarkan bantuan seperti membuka tutup botol atau mengelap sendok sebelum makan. Selain itu kamu juga bisa menyatakan bahwa hari ini dia terlihat cantik atau ganteng.

6. Mendengarkan Pendapat

Grameds, jika kamu sudah menyatakan perasaanmu maka saatnya adalah untuk mendengarkan respon dan dan tanggapan yang dia ucapkan. Kamu harus mempersiapkan diri apapun jawabannya baik diterima atau ditolak.

Jika dia memiliki perasaan yang sama dengan kamu dan kamu diterima menjadi kekasihnya, perlu untuk ucapkan terimakasih dan dengarkan alasannya lebih lanjut. Kamu bisa mencairkan suasana yang tegang sebelumnya dengan memesan makanan atau memberikannya hadiah kecil.

Namun jika jawabannya ditolak, maka kamu harus sabar dan bersikap tenang. Dengarkan alasan yang membuat kamu ditolak dan jangan berkecil hati karena dengan mengungkapkan perasaan kamu sudah mencoba dan tidak akan menyesal nantinya. Apapun alasan yang diberikan kamu harus terima dan ikhlas jangan sampai kamu menyangkal, situasi ini akan membuat hubungan kalian semakin tidak enak.

Cara Pendukung Mengungkapkan Perasaan

Grameds, jika kamu ingin mengungkapkan perasaan secara langsung maka ada beberapa hal pendukung yang bisa kamu lakukan untuk membangun suasana agar semakin mendukungmu dalam menyatakan perasaan. Nah grameds, jika kamu kehabisan cara atau ide maka kamu bisa mencoba beberapa ide berikut ini.

1. Menggunakan Lagu Pendukung

Grameds jika kamu mengungkapkan perasaan di tempat yang bisa request lagu seperti restaurant maka kamu bisa mencoba hal ini. Request kepada staff restaurant untuk memasang lagu yang dapat mendukung suasana. Kamu bisa menyetel lagu romantis atau lagu romantis kesukaan calon pasangan kamu. Ketika lagu itu diputar maka kamu bisa langsung menjalankan rencana untuk mengungkapkan perasaanmu.

2. Membawa Hadiah atau Bunga

Hadiah atau bunga terkadang bisa menjadi alat pendukung dalam mengungkapkan perasaan. Kamu bisa membawa hadiah berupa boneka atau barang yang calon pasanganmu sukai atau membuat hadiah sendiri. Hadiah ini akan membuat calon pasanganmu merasa dicintai dengan tulus. Begitu juga dengan bunga, bunga akan mencerminkan banyak sekali perasaan yang ingin kamu ungkapkan seperti memberikan bunga mawar merah menandakan rasa cinta yang kuat dan romantis. Sedangkan bunga mawar pink menggambarkan cinta yang lembut dan manis.

3. Menulis Surat

Jika kamu tidak berani berkata-kata secara langsung kamu bisa langsung memberikannya surat yang disertai dengan bunga atau hadiah. Untuk beberapa orang surat merupakan media menyampaikan isi perasaan yang paling mudah. Ada beberapa orang yang tidak bisa mengungkapkan melalui mulut namun bisa merangkai kata-kata yang baik dengan tulisan melalui surat. Kamu bisa menulis perasaan yang kamu rasakan dan meminta dia untuk merespon pernyataan kamu.

4. Membuat Video

Grameds, cara lain untuk mengungkapkan perasaan adalah melalui media berupa video. Kamu bisa membuat video seperti tulisan mengapa kamu menyukainya dan apa yang membuat kamu ingin menjadi pasangannya. Kamu bisa membuat video dan membuat QR dan mengirimnya ke chat calon pasangan kamu. Jika dia scan maka nanti akan muncul video yang sudah kamu buat.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengungkapkan Perasaan

Grameds, perlu diketahui ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika ingin mengungkapkan perasaan agar moment kamu bersama nya tidak hancur. Berikut adalah sedikit tips mengenai hal yang perlu kamu hindari ketika mengungkapkan perasaan.

1. Jangan Memaksa

Grameds, ketika kamu mengungkapkan perasaan sebenarnya kamu belum tau apa responnya. Maka dari itu cukup sekedar mengungkapkan dan jujur mengenai apa yang kamu rasakan dan jangan membahas mengenai masa depan dan rencana-rencana mu ketika sudah menjadi pasangannya. Hal itu akan membuat calon pasangan mu terasa tertekan dan terbebani. Coba mendengarkan apa alasan dan respon dari calon pasanganmu ini.

2. Jangan Terburu-buru

Grameds, ketika ingin menjadi pasangan seseorang tentu tujuannya adalah untuk hubungan yang serius hingga ke jenjang pernikahan maka dari itu jangan terburu-buru mengungkapkan perasaan. Cari waktu yang tepat untuk mengungkapkannya dan menyatakan niatmu. Jika kamu baru dekat selama 1-3 bulan, untuk beberapa orang itu merupakan waktu yang singkat. Kamu harus mengenal lebih dekat mengenai kepribadian dan kebiasaan. Jika terburu-buru juga bisa membuat pasanganmu menjadi tidak nyaman.

3. Jangan Melakukannya Di Tempat Umum

saat ini banyak yang mengungkapkan perasaan ditempat umum, jika kamu rasa ragu bahwa calon pasanganmu memiliki perasaan yang sama maka jangan lakukan itu. Jika calon pasanganmu juga belum memberikan sinyal tanda perasaan yang sama maka bisa membuatnya ilfeel jika kamu melakukannya di tempat umum. Kamu bisa mengungkapkan perasaan di tempat seperti restoran atau tempat yang sedikit private. Jika melakukannya di tempat umum bisa saja gebetan mu akan merasa malu atau bahkan diri kamu sendiri jika dia menolak perasaanmu.

Penutup

Nah grameds itu dia adalah pembahasan mengenai cara mengungkapkan perasaan yang bisa kamu lakukan jika ingin mengungkapkan perasaan kepada gebetan. Kamu bisa menggunakan tips tips di atas agar menarik perhatian gebetan dan jangan melakukan hal-hal yang membuatnya merasa terganggu dan tidak suka denganmu.

Semua rekomendasi buku yang sudah dijelaskan dibawah, bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Devina

 

Rekomendasi Buku Terkait

Kitab Memahami Wanita

Kitab Memahami Wanita

button cek gramedia com

Sudah tahukah kamu bahwa wanita adalah manusia yang kompleks? Yap, betul sekali! Tidak seperti priayang mudah ditebak, wanita memang bisa dibilang sulit untuk dipahami. Tapi jangan khawatir, karena sekarang ada Kitab Memahami Wanita yang bisa membantu kamu untuk lebih memahami wanita secara lebih dalam. Salah satu hal yang menarik dari kitab ini adalah tentang wanita yang jatuh cinta. Tidak semua wanita akan menjadi penurut saat jatuh cinta, karena setiap wanita memiliki cara yang berbeda dalam mengekspresikan perasaannya. Jadi jangan heran jika ada wanita yang terlihat tangguh dan mandiri, tapi sebenarnya dia sangat mencintai pasangannya. Tetapi bukan berarti wanita selalu benar, Sahabat. Karena seperti manusia lainnya, mereka juga bisa melakukan kesalahan. Namun, yang membuat wanita istimewa adalah mereka selalu punya value atau nilai-nilai yang sangat penting bagi mereka. Inilah yang membuat wanita menjadi sosok yang unik dan mempesona..

Healthy Relationship

Healthy Relationship

button cek gramedia com

Healthy Relationship (hubungan yang sehat) sebenarnya bukan istilah asing dalam kehidupan. Sayangnya isu tentang healthy relationship belakangan ini banyak dipertanyakan, karena nyatanya membangun hubungan baik memang tidak semudah itu. Bahkan, untuk membangun hubungan baik dengan diri sendiri saja tidak mudah, apalagi dengan orang lain. Namun, mewujudkan hubungan yang baik itu juga bukan sesuatu yang mustahil. Dari mana kamu akan memulainya? Tentu dari dirimu sendiri dan dari buku ini.

Book Of Toxic Relationship

Book Of Toxic Relationship

button cek gramedia com

Buku ini disusun untuk membantu kamu menjadi orang yang lebih baik, tidak toxic bagi orang lain atau bagi diri sendiri. Dengan mempelajari cara menangani orang negatif dan menjadi lebih bebas stres dan komunikatif, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan pribadi dan sosial yang lebih kaya dan lebih produktif. Ketika harga diri kamu meningkat, maka kamu menjadi lebih bahagia, lebih mencintai, dan lebih menyenangkan. Bahkan, kamu mungkin mendapati keuangan yang membaik. Membekali diri untuk menangani tekanan orang-orang beracun, kamu akan menjadi lebih bebas dan lebih kreatif. Dengan demikian, kamu akan mampu mengambil lebih banyak risiko dan memiliki kehidupan yang lebih kaya.

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M