Agama Islam

13 Manfaat Sholat Hajat agar Dikabulkan Keinginan dan Harapan

Manfaat Sholat Hajat
Written by Yufi Cantika

Manfaat sholat hajat – Dalam Islam, terdapat beberapa cara untuk memohon dikabulkannya harapan atau hajat. Salah satunya dengan mendirikan Shalat hajat. Dalam Al-Quran sendiri telah disebutkan dalam beberapa ayat tentang kewajiban mendirikan Shalat.

Salah satunya dalam surat An-Nur ayat 58 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ۚ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ۚ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ ۚ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ ۚ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya’. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,” (QS. An-Nur ayat 58)

Setiap Muslim berhak memohon apapun kepada Allah, salah satunya hajat atau harapannya. Seorang Muslim dapat memohon dengan mendirikan Shalat hajat. 

Shalat hajat dapat dimaknai sebagai ibadah sunah yang dilaksanakan untuk memohon dan menyampaikan sebuah keinginan atau hajat kepada Allah. Tidak hanya itu, dengan melaksanakan Shalat hajat, Grameds akan diberikan pertolongan ketika mengalami kesulitan atau kesempitan dalam hidup. 

Hajat berasal dari bahasa Arab الحاجة yang berarti keinginan atau kehendak. Melansir dari laman Suarapemerintah.id, dalil dari mengerjakan Shalat sunah nafilah dari hadis yang diriwayatkan oleh Utsman bin Hunaif sebagai berikut. 

Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, “Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendoakanmu.” Orang itu pun mengatakan, “Doakanlah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku.” (HR. Ibnu Majah no. 1385 dan Tirmidzi no. 3578. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari hadis tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa keutamaan atau manfaat utama dari Shalat hajat ialah dikabulkannya doa-doa hamba Allah yang memiliki kebutuhan. Dengan cara melaksanakan Shalat sunah dua dakaat.

Shalat hajat dapat dilakukan kapanpun dari subuh sampai tengah malam bahkan dini hari. Asalkan tidak dalam waktu-waktu yang dilarang mengerjakan Shalat. Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah di sepertiga malam supaya lebih khusyu’ karena waktu tersebut hening dan tenang. 

Beberapa ulama dari berbagai mazhab, seperti Syafi’iyah, Malikiyah, dan Hambali sepakat bahwa jumlah rakaat Shalat sunah hajat adalah dua rakaat. Kesepakatan ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad sebagai berikut.

“Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat”([HR.Ahmad).

Panduan Salat Wajib Dan Sunah - Manfaat Sholat Hajat

button rahmadManfaat Sholat Hajat

Shalat dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati, baik Shalat wajib ataupun Shalat sunah, tidak terkecuali Shalat sunah, Shalat hajat. Merangkum dari laman Merdeka.com, berikut keutamaan dari Shalat hajat.

  • Shalat hajat juga melatih setiap umat Muslim untuk mensyukuri berkah kebaikan yang telah didapatkan dari Allah. Meskipun keinginan atau cita-cita yang diinginkan belum terwujud. Setidaknya, melalui Shalat hajat dapt menjadi refleksi diri bahwa Allah masih memberikan rahmat kebaikan kepada hamba-Nya sampai saat ini.
  • Ketika menunaikan Shalat hajat secara rutin dan istikamah maka akan memudahkan Grameds mendapatkan jalan kebaikan dari Allah. Allah menyukai hamba-Nya yang selalu memohon kebaikan dan pertolongan pada-Nya dalam hal apapun baik sesuatu yang besar atau sekadar sesuatu yang remeh.
  • Shalat hajat juga mampu mendekatkan diri pada Allah sekaligus menjadi motivasi bagi setiap Muslim untuk lebih rajin beribadah. 
  • Membantu untuk mengikhlaskan dan menerima setiap pemberian dari Allah. Menjalankan Shalat hajat secara rutin menjadi tanda bahwa Grameds telah berserah diri danlapang dada pada setiap keputusan atau hal-hal yang terjadi di kemudian hari. 
  • Menyerahkan diri kepada Allah menjadi bukti bahwa Allah menjadi sebaik-baiknya pemberi keputusan bagi setia- hamba-Nya. Melalui Shalat hajat, Grameds dapat memohon kebaikan dari Allah.

Sementara itu, dalam laman Liputan6.com juga disebutkan lebih mendetail mengenai manfaat Soalat hajat. Berikut manfaat Shalat hajat.

1. Doa Mudah Dikabulkan

Melalui Shalat hajat, doa-doa yang dipanjatkan akan dimudahkan untuk dikabulkan. Shalat hajat menjadi salah satu ibadah yang khusus meminta pada Allah agar keinginan dikabulkan. Seorang Muslim yang memiliki kepentingan disarankan untuk mendirikan Shalat hajat. 

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah. Salah ssatunya, yakni melalui Shalat hajat. Ketika seorang hamba sedang dirundung masalah maka berserah diri kepada Allah menjadi salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan. Melalui Shalat hajat, seorang hamba yang sedang kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT. 

3. Memperoleh Pahala dari Allah SWT

Dengan mendirikan Shalat hajat maka manusia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Shalat sunah menjadi salah satu bentuk ibadah yang menjanjikan banyak pahala.

4. Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Rasa ikhlas menjadi penting dimiliki oleh setiap Muslim. Melalui Shalat hajat, manusia bisa menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Saat dalam keadaan susah, seorang Muslim dianjurkan untuk bersikap sabar dan ikhlas. Shalat hajat menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa ikhlas. 

5. Rasa Tawakal yang Lebih Kuat

Shalat hajat mampu membuat seseorang lebih tawakal pada Allah. Hal ini disebabkan karena melalui Shalat hajat, seseorang akan merasa bahwa hanya Allah, satu-satunya yang dapat memberikan apa yang dibutuhkan.

Doa yang dipanjatkan ketika Shalat hajat menunjukkan bahwa seorang hamba membutuhkan Allah. Hal ini menunjukkan bentuk pasrah diri kepada Allah. 

6. Berserah Diri pada Allah

Kepasrahan seorang Muslim menjadi hal yang disukai oleh Allah SWT. Manusia tidak memiliki arti atau bukan apa-apa tanpa Allah SWT. Ketika seorang hamba semakin cepat menyadari tidak bisa hidup tanpa bantuan Allah maka akan semakin mudah baginya untuk meminta bantuan-Nya. Allah tetap membantu hamba meskipun memiliki banyak dosa dalam diri. 

7. Dapat Mengendalikan Kebutuhan

Shalat hajat memberikan ketenangan pada hati. Hal ini dapat membuat seseorang akan bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Melalui Shalat hajat pula, seorang Muslim akan belajar bagaimana cara mensyukuri apa yang dimilikinya. 

8. Motivasi untuk Lebih Giat

Shalat hajat dapat membuat seseorang menjadi lebihh rajin. Shalat hajat memberikan keyakinan pada diri seseorang bahwa segala impian atau harapannya akan terwujud selama terus berusaha atay berikhtiar. 

Manfaat Shalat Hajat Untuk Kesehatan Tubuh

Sementara itu, manfaat Shalat secara umum dapat membantu menyehatkan tubuh. Berikut manfaat Shalat bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai laman di internet.

1. Tingkatkan Sirkulasi Darah

Gerakan Shalat yang berbeda ternyata mampu menigkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Gerakan Shalat yang beragam dari posisi berdiri hingga sujud (di bawah) mampu mengalirkan darah ke segala arah. Tentu hal ini sangat membantu kesehatan manusia.

Yang mana pada beberapa kasus tertentu ditemukan aliran darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Gerakan Shalat dapat membantu mengatur aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Misalnya posisi ruku, aliran darah akan mengalir dari tubuh bagian atas. Adapun ketika tashahhud, aliran darah akan diatur mengalir ke seluruh tubuh bagian bawah. 

2. Redakan Sakit Punggung dan Nyeri Sendi

Shalat mampu meredakan sakit punggung dan nyeri sendi. Hal ini berkaitan dengan posisi sujud dan ruku yang membuka serta meringankan persendian. Penggunaan sendi secara teratur akan membuatnya selalu sehat dan fungsinya akan berjalan sebagaimana mestinya. Posisi ruku juga dapat mengurangi sakit punggung bawah. Gerakan ruku yang mirip dengan yoga dapat membantu merelaksasikan otot dan ligmen. Hal ini juga dapat membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang serta sendi pinggul.

Penyakit tulang belakang dan sakit punggung dapat dihindari dengan merelaksasikan tulang belakang. Tidak hanya itu, Shalat lima waktu juga bermanfaat untuk melemaskan sendi siku, lutut, bahu, pinggul, dan pergelangan kaki secara keseluruhan. 

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Berdarkan penelitian ilmiah menjelaskan bahwa selama keadaan quud, postur tubuh sangat memungkinkan dan memfasilitasi pencernaan.

Ketika laki-laki dalam posisi quud, yakni dengan satu kaki meringkuk di bawah dan perempuan dengan duduk di kedua kaki.  Keadaan quud membantu untuk meningkatkan fungsi hati dan melemaskan usus. Tidak hanya itu, Shalat juga dapat meringankan penyakit sembelit dan makan berlebihan. 

4. Membantu Kesehatan Jantung

Gerakan Shalat dapat memperlancar peredaran darah sehingga kesehatan jantung pun turut meningkat. Setiap gerakan Shalat yang dilakukan dengan benar dan tepat akan membantu fungsi organ secara keseluruhan. Shalat juga mampu mengatur sekresi kelenjar dan aliran dalam tubuh. 

5. Mengurangi Stres 

Shalat menjadi salah satu terapi psikologis yang dapat memberikan ketenangan jiwa serta meredakan berbagai ketegangan yang ada. Karena ketika melaksanakan Shalat, segala hal-hal yang tidak berhubungan dengan Allah dikesampingkan. Shalat membuat kita hanya memikirkan Allah.

Tidak jarang ketika Shalat air mata turut bercucuran jika mengingat hal-hal yang mengesalkan dan segala kekhawatiran yang ada keluar. Dengan menangis perasaan-perasaan terbebani dan lainnya akan berkurang. Dengan begitu stres pun akan turut berkurang. Perlu diketahui bahwa ketika seseorang sedang mengalami stres maka tubuhnya akan duduk sembari menenangkan diri. Begitu pula ketika Shalat yang dapat memberikan ketenangan diri.

Shalat juga dapat memperkuat konsentrasi seseorang. Karena ketika Shalat, manusia hanya akan berusaha fokus pada Allah. Shalat juga menimbulkan perasaan rendah hati dan meningkatkan ketakwaan bagi manusia. Kegembiraan dan ketenangan hati juga akan hadir bagi mereka yang menjalankan Shalat. 

Alangkah baiknya, bagi para orang tua mengajarkan si kecil agar terbiasa shalat di masjid. Para orang tua bisa memperkenalkan shalat di masjid melalui buku Seri Hasan & Anisa: Ayo, Salat di Masjid!.

Seri Hasan & Anisa: Ayo, Salat di Masjid! - Manfaat Sholat Hajat


Tata Cara, Doa, dan Dzikir Sholat Hajat 

Tata cara atau urutan melaksanakan Shalat hajat tidak jauh berbeda dengan Shalat wajib. Sebelum masuk ke dalam tata cara Shalat hajat, alangkah lebih baik, kita mengenal terlebih dahulu niat mendirikan Shalat hajat. 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

 Usholli Sunnattal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat melaksanakan Sholat Sunnah Hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Shalat hajat sama dengan Shalat pada umumnya, yakni diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Berikut tata cara menjalankan Shalat hajat yang dirangkum dari laman Suarapemerintah.id.

1. Rakaat Pertama

Berikut tata cara Shalat hajat di rakaat pertama. 

  • Membaca Niat dalam hati (adalah wajib)
  • Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca Al-Fatihah.
  • Membaca Surat Al-Qur’an, disunnahkan surat panjang.
  • Lalu Rukuk dengan tumaninah dan membaca “Subhaana rabbiyal ‘adhiimi wabihamdihi. (Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Mahaagung dan segala puji bagi-Nya.)” sebanyak 3x.
  • Rukuk dengan tumaninah dan membaca “Subhaana rabbiyal ‘adhiimi wabihamdihi. (Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Mahaagung dan segala puji bagi-Nya.)” sebanyak 3x.
  • Setelah rukuk, berdiri mengucap “Sami’allahu liman hamidah” Dan lalu baca “Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.” Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.””
  • Setelah rukuk, berdiri sembari mengucap “Sami’allahu liman hamidah”. Kemudian, membaca “Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.” Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.”
  • Sujud sembari membaca “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdihi (3x).” Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.”
  • Lalu sujud sembari membaca “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdihi (3x).” Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.”
  • Kemudian, duduk diantara dua sujjud dan membaca “Robbi Firli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni Wahdini wa’afini wa’fu’anni”​ artinya: “Ya Allah ampunilah dosaku,Kasihani aku,tutuplah aibku,angkat derajatku,beri aku rezeki,tunjukanlah aku,sehatkan diriku dan ampunilah aku.”
  • Sujud sembari membaca “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdihi (3x).” Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.”
  • Lalu berdiri sembari takbir “Allahu Akbar.”

Setelah itu, Grameds dapat melanjutkan ke rakaat kedua. 

2. Rakaat Kedua

Setelah merampungkan rakaat pertama, berikut tata cara Shalat hajat di rakaat kedua.

  • Membaca Al-Fatihah.
  • Membaca Surat Al-Qur’an, disunnahkan surat panjang.
  • Lalu Rukuk dengan tumaninah dan membaca “Subhaana rabbiyal ‘adhiimi wabihamdihi. (Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Mahaagung dan segala puji bagi-Nya.)” sebanyak 3x.
  • Setelah rukuk, berdiri mengucap “Sami’allahu liman hamidah” Dan lalu baca “Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.” Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.””
  • Sujud sembari membaca “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdihi (3x).” Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.”
  • Lalu duduk diantara dua sujjud dan membaca “Robbi Firli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni Wahdini wa’afini wa’fu’anni”​ artinya: “Ya Allah ampunilah dosaku,Kasihani aku,tutuplah aibku,angkat derajatku,beri aku rezeki,tunjukanlah aku,sehatkan diriku dan ampunilah aku.”
  • Sujud sembari membaca “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdihi (3x).” Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.”
  • Lalu duduk dan membaca tahiyat akhir.

Setelah rampung menjalankan Shalat hajat. Grameds dianjurkan untuk membaca dzikir, “Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliyyil ‘adzim” sebanyak 10 kali. Lalu, Grameds juga dianjurkan untuk membaca selawat nabi sebanyak 10 kali. 

Doa-Doa Shalat Hajat

Adapun, selawat nabi yang dilafalkan, yakni “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad”. Setelah berdzikir, Grameds juga dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa. Berikut, doa-doa yang dilafalkan setelah menjalankan Shalat hajat yang dirangkum dari laman Suarapemerintah.id.

Doa pertama:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku.”

Doa kedua:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: “Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Maha Mulia, Maha Suci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji milik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang diantara penyayang.”

Panduan Salat, Zikir, Dan Doa Praktis Sehari-Hari - Manfaat Sholat Hajat

button rahmadDemikian pembahasan seputar shalat hajat hingga manfaat shalat hajat. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya. Jika ingin mencari buku seputar shalat, doa, dan dzikir, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga:

About the author

Yufi Cantika

Saya Yufi Cantika Sukma Ilahiah dan biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Saya suka dengan tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Linkedin Yufi Cantika